Sabtu , 19 Oktober 2019

Perusahaan Menjamur, Minim Keahlian SDM Jadi Alasan

Kampar, DETAKKAMPAR.CO.ID – Maraknya pembangunan dan kegiatan industri serta koorporasi hingga ke usaha-usaha yang bonafit disewilayah daerah sampai ke pedesaan membuat suatu impian bagi sumber daya manusia tempatan.

Namun, ironisnya dengan pesatnya pembangunan dan kegiatan dari para pengusaha yang bonafit hingga ke tingkat industri dan koorporasi impor ekspor. Tak jarang juga mendapatkan kewalahan bagi SDM setempat area regional perusahaan industri.

Sebab, kurangnya tenaga ahli bagi SDM tempatan itu sendiri, dan ini menjadi alasan pihak perusahaan dalam perekrutan tenaga kerja dari SDM tempatan.

Demikian diungkapkan M.Hasbi Ashshiddiqi (23/07/2019) kepada awak media ini.

Diketahui, M.Hasbi menjabat sebagai Ketua Karang Taruna di Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kab.Kampar.

Diakuinya, “banyak perusahaan dan usaha-usaha yang bonafit di pedesaan kami. Namun ketika perekrutan tenaga kerja ataupun kontribusi tempatan sesuai aturan perundang-undangan tidaklah kami jumpai sebagai naungan daripada kepemudaan yang ada didepan tersebut.” tutur Hasbi.

“Semuanya, hanya sampai sebatas para oknum oknum yang berkepentingan tanpa ada lanjutan kepada pihak pemerintahan desa secara umum, maupun kepada kelembagaan yang ada didesa itu sendiri.” ungkap pemuda yang keseharian sebagai kontrol sosial masyarakat.

Disampaikan Ketua Karang Taruna Desa Karya Indah ini, “tak jarang setiap kelompok pemuda yang ada di desa, memiliki kegiatan positif yang membutuhkan anggaran maupun modal pembiayaan. Ironisnya, kami harus izin kepada para oknum oknum dalam mengajukan proposal kegiatan ke perusahaan yang ada diwilayah pedesaan kami.”

Bebernya lagi, “padahal setiap pengajuan proposal kegiatan kepemudaan semuanya diketahui para petinggi di desa, seperti ditanda tangani Kades, BPD, ataupun disetujui pihak Kamtibmas desa kami. Aneh juga kami harus izin kepada seorang oknum melebihi kapasitas tandatangan Kades dan persetujuan kelembagaan lainnya.” ujar Hasbi.

“Dari itu, saya dan kelemahan saya mengatasnamakan naungan kepemudaan desa ini, berharap kepedulian dan perhatian para pihak terkait hingga keperusahaan yang bernaung diwilayah regional tempatannya itu sendiri dalam memberdayakan SDM dan Lingkungan sosial setempat tanpa harus menuju kepada para oknum yang mungkin hanya menguntungkan oknum saja.” imbuh Ketua Karang Taruna DKI.

“Menjabat sebagai Ketua di Lembaga Sosial Karang Taruna tidaklah sebuah kemudahan dalam berbuat sosial, semuanya butuh peran dan aksi pisitif dari diri kita sendiri untuk menunjukan bahwa jatuh diri Pemuda adalah Ujung Tombaknya masa depan sebuah wilayah, khusus desa Karya Indah itu sendiri.” Tegasnya.

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Bedah Rumah Warga, Babinsa Koramil 16/Tp Bersinergi Dengan Perusahaan

TAPUNG HILIR, DETAKKAMPAR.CO.ID – 23 juli 2019, Dalam rangka mendukung program TMMD ke 105 Koramil ...