Pilkades Serentak Tahun 2017 di Kabupaten Kampar Sukses Digelar

BANGKINANG KOTA, DETAKKAMPAR.CO.ID – Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) di Kabupaten Kampar digelar November 2017 secara serentak untuk 84 desa. Bupati Kampar Azis Zaenal sejak awal berharap agar pemilihannya dilakukan secara demokratis, dan memberikan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menentukan pilihan sesuai dengan hati nurani masing-masing.

“Saya dan seluruh forum komunikasi perangkat daerah akan mengawal dan mengawasi jalannya Pilkades serentak nantinya, tidak boleh ada intimidasi, masyarakat memilih sesuai dengan hati nurani masing-masing agar kedepannya Kabupaten Kampar lebih baik sesuai dengan yang kita harapkan dapat terwujud,” tegas Azis Zaenal.

Secara umum, pelaksanaa Pilkades serntak tahun 2017 ini berjalan lancar dan sukses. Partisipasi masyarakat juga terlihat sangat tinggi. Rata- rata dimasing- masing desa untuk tingkat partisipasi pemilih 80 sampai dengan 90 persen.

Usai peyelenggaraan Pilkades, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (DPMD) Kabupaten Kampar  mengumumkan Calon Kepala Desa peraih suara terbanyak pada pemungutan suara Pemilihan Serentak Gelombang II. Hasil pemungutan suara yang digelar pada Minggu (19/11), selesai direkap, Rabu (21/11).

Plt Kepala DPMD Kampar, Ranayus mengungkapkan, Cakades dengan suara terbanyak direkap dari hasil Rapat Pleno Panitia Pemilihan di masing-masing desa tentang perolehan suara. Pihaknya tidak mencampuri penetapan perolehan suara.

Berdasarkan jadwal tahapan Pilkades Serentak, rapat panitia penetapan Kades terpilih, 20-23 November. Kemudian hasil pemungutan suara di 84 desa yang melaksanakan Pilkades, dilaporkan kepada Bupati melalui Camat. “Data dari Panitia desa, lalu kita rekap,” kata Ranayus, Rabu malam.

Dinas PMD Kampar juga menerima tujuh gugatan terhadap hasil Pemilihan. Dari data yang ada, ada sekitar Tujuh desa yang mengajukan gugatan.  Seperti, Sungai Bungo (Kampar Kiri Hilir), Kualu Nenas (Tambang), Palung Raya (Tambang), ‎Ranah Singkuang (Kampar), Ludai (Kampar Kiri Hulu), Simalinyang (Kampar Kiri Tengah) dan Gunung Bungsu(XIII Koto Kampar).

Pelaksana Tugas Kepala DPMD Kampar, Ranayus mengungkapkan, berkas gugatan akan ditelaah, Kamis malam. Ia belum bisa menjelaskan gambaran materi gugatan.”Nanti setelah ditelaah, dilapor kepada pimpinan, terus ditetapkan mana yang bisa ditindaklanjuti, mana yang tidak,” ujarnya. (Adv)

Kirim komentar Anda disini

Komentar