Senin , 21 September 2020

Rakor Usai Pilkades, Danramil 16/TP : Jadilah 3 Pilar Yang Bersinergi dan Baik

Tapung, DETAKKAMPAR.CO.ID – Berdasarkan Peraturan Bupati Kampar Nomor 54 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Keputusan Bupati Kampar Nomor 140-639/X/2019 tentang Tahapan dan Penetapan Desa Peserta Pemilihan Kepala Desa Serentak Bergelombang di Kabupaten Kampar Tahun 2019.

Kini tahapan pemilihan telah selesai dengan aman dan terkendali, seluruh panitia telah menyelesaikan tugasnya sampai dengan tahapan penghitungan suara.

Rapat koordinasi ini adalah dalam rangka evaluasi dan penekanan kepada Kepala Desa terpilih dalam Pilkades bergelombang serentak di Kecamatan Tapung Hilir pada tiga desa;yakninya Kota Baru, Beringin Lestari, Kijang Jaya dan Koto Aman.

Hadir dalam acara rapat koordinasi, Camat Tapung Hilir Yurico STTP, Danramil 16/Tapung Kapten Inf Taufik Sihombing, Kapolsek Tapung Hilir AKP Asep dan para Kepala Desa  serta Kepala Desa Terpilih se-Kecamatan Tapung Hilir.

Dalam hal ini, Camat menyampaikan sambutan “Agar unsur desa mulai BPD, ketua RT-RW mendukung pejabat terpilih, jangan sampai karena pejabat baru bukan dari kelompoknya tidak didukung. Begitu sebaliknya, Kepala Desa terpilih jangan melakukan perombakan unsur desa tanpa didasari landasan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.”

“Gunakan koridor yang berlaku dalam menata desa, karena ada riak-riak yang terjadi pasca Pilkades yaitu Kijang Jaya , dimana pihak yang kalah masih belum puas dengan sistem pemilihan.”

Sementara Danramil berpesan,
sistem pertahanan dan keamanan sesuai amanat merujuk pada Pasal 30
Undang-undang 1945 bahwa usaha sistem pertahanan keamanan rakyat semesta sebagai kekuatan utama adalah TNI dan Polri. Namun didukung oleh masyarakat, oleh karena itu Kades harus bisa nemahami dan dapat melaksanakan dalam penerapannya.

“Dinamika politik dalam Pilkades pasti ada, Kades terpilih harus bisa merangkul lawan politiknya, agar dapat seiring sejalan dalam melaksanakan program pemerintahan desa yang dikampanyekan saat pencalonan.” Papar tegas Danramil 16/Tapung.

Ditambahnya, “Jadilah 3 pilar yang baik dan bersinergi, antara Kepala Desa-Babinsa-Bhabinkamtibmas sehingga percepatan pembangunan dapat berjalan dengan baik.”

Selanjutnya Kapolsek Tapung,
“dalam aspek kepemimpinan, seorang Kepala Desa haruslah bisa menjalankannya dengan baik. Jangan sampai melanggar hukum. Keamanan adalah syarat utama dalam melaksanakan pembangunan.” Ujar Kapolsek Tapung Hilir.

“Jadilah pengayom masyarakat jangan justru jadi provokator di tengah masyarakat.” ajaknya.

Seorang Kepala Desa terpilih, Sukur Rambe mengucapkan terima kasih atas pertemuan ini dan berniat akan menjadi Kepala Desa yang terbaik di Kabupaten Kampar sesuai aturan.

 

 

Penerbit : M.Hasbi

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Peduli Lingkungan, Babinsa Koramil 04/Pkl Kuras Goro Bersama Warga Buat Portal

SOREK – Babinsa Koramil 04/Pkl kuras Kodim 0313/Kpr Serka Yurnalis bersama warga melaksanakan gotong- royong(goro) ...