Minggu , Oktober 17 2021

Riau Go IT TEROBOSAN BARU MENUJU PROVINSI CERDAS

Untitled-1PEKANBARU– Riau Go IT merupakan terobosan baru yang diciptakan oleh Andi Rachman selaku Gubernur Riau dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan system berbasis Teknologi Informasi secara online. Pelayanan tersebut untuk kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi dan pelayanan maksimal.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal, Gubernur memulai gerakan tersebut dari tubuh pemerintah daerah Riau itu sendiri dengan menghimbau seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menggunakan teknologi dalam memeberikan pelayanan. “Melalui e-government, kita dapat meningkatkan pelayanan publik. Bisa mempermudah koordinasi antara pemerintah pusat hingga ke pemerintah desa,” ungkap Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, pada saat launching Riau Go IT, Selasa (09/08) di halaman kantor Gubernur Riau.

foto.3

Riau Go IT merupakan motto tagline Provinsi Riau dalam bidang Informasi dan Teknologi untuk meningkatkan pelayanan dan transparansi kepada masyarakat hingga kepedesaan menuju daerah provinsi yang cerdas akan teknologi.

Menurut Gubernur RiauAndi Rachman, hal ini program tersebut untuk dukungan pencapaian Nawacita dalam membangun Indonesia dari pinggiran desa hingga ke pemerintah pusat dengan dalam kerangka Negara kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan memperbaiki kualitas layanan kepada stakeholders serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, pemerintah dapat mewujudkan secara nyata konsep Good Governance dan Clean Government”, tuturnyaAndiRachman.

header

Untuk meningkatkan gerakan Riau Go IT, Pemerintah provinsi Riau menyediakan fasilitas online untuk masyarakat luas seperti website yaitu www.riau.go.id. Pada website tersebut masyarakat dapat mengupdate atau melihat informasi tentang kegiatan pemerintah provinsi Riau seperti informasi dan kegiatan SKPD, Website dan Email SKPD, Gallery Fotodan Video, Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah, Produk hukum, TV Streming, Radio Online, Info Pajak Kendaran, Laporan Kerusakan, LPSE berbasis Online, Government Service Bus, Perizinan Online,  data pembngunan, Kelompok InformasiMasyarakat, Data (PKB,BBN-KB, SWDKLLJ), Pengaduan Online, Website kabupaten/kota, InformasiPeta, Pangkalan Data Pendidikan, Layanan SK Guru Bantu, Data Pokok Pendidikan, Pengumuman Lelang LPSE, dan Informasi Penyusunan RKPD.

“Masyarakat tidak perlu lagi repot untuk mencari informasi tentang kegiatan pemerintah provinsi Riau hanya dengan membuka akses internet di website www.riau.go.id sesuai dengan bidang yang dibutuhkan”, tutur Andi Rachman.

Adapun fasilitas Riau Go IT yang disajikan oleh perintah provinsi Riau seperti pantauan wartawan detakkampar.com dibawah ini.

infoIndex Informasi SKPD (Data terakhir yang di inputkan oleh SKPD) merupakan halaman website yang berisi tentang kegiatan SKPD dilingkungan pemerintah provinsi Riau. Siapa saja bias mengaksesnya untuk mendapatkan informasi atau berita yang dibutuhkan. Masyarakat harus mencobanya, karena di dalamnya terdapat segudang infromasi tentang provinsi Riau terkini.

subdomainWebsite dan Email SKPD merupakan halaman website yang berisi tentang halaman yang dilinkkan langsung ke website masing-masing SKPD. Pengunjung website akan disajikan dengan informasi dan kegiatan SKPD dengan cara memasukan link website SKPD kehalaman Google, contoh, bkp2d.riau.go.id. Dan masyarakat dapat mencobanya.

Untitled-1Gallery Foto dan Video Kegiatan merupakan halaman website yang berisi tentang kegiatan Gubernur Riau dan pejabat di lingkungan pemerintah provinsi Riau. Gallery foto dan video dapat dilihat masyarakat secara langsung karena menyajikan dengan konsep yang sesuai dengan kondisi riil kegiatan yang bersangkutan tanpa ada rekayasa dalam penyajian. Jika penasaran, akses saja langsung melalui internet disekitar anda.

transparansiKeuanganTransparansi Pengelolaan Anggaran Daerah tidak seperti dulu pemerintahan sebelumnya, sesuai dengan perkembangan zaman informasi dan teknologi pemerintah provinsi Riau sudah menyajikan secara online. Jadi masyarakat sudah dapat melihat realisasi anggaran yang digunakan oleh pemerintah provinsi Riau dari tahu ke tahun.

produkHukumProduk Hukum merupakan halaman website yang berisi tentang produk hokum pemerintah pusat, produk hokum pemerintah provinsi Riau, dan produk hokum pemerintah kabupaten/kota se provinsi Riau. Siapa saja bisa mengaksesnya untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan produk hokum yang menjadi landasan kehidupan berpemerintah.

info-pajakInformasi Pajak Kendaraan dan Kendaraan Bermotor merupakan halaman website yang di link kan langsung ke Website Dinas Pendapatan Provinsi Riau, Website ini di maksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan Informasi dan gambaran Dinas Pendapatan Provinsi Riau dalam melaksanakan pelayanan yang kiranya masyarakat dapat mengetahui seluruh informasi tentang Kebijakan Pemerintah Provinsi Riau dalam pengelolaan sektor pendapatan di wilayah Provinsi Riau.

jalananLaporan Kerusakan Jalan merupakan halaman website yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melaporkan infromasi tentang kerusakan jalan kepada pemerintah Provinsi Riau. Di halaman ini, masyarakat dapat mengisi formulir laporan secara online, membuat keterangan kerusakan jalan mengenai alamatnya dan melampiran foto jalan yang rusak tersebut. Jadikanmasyarakat lebih mudah untuk melaporkan kebutuhan pembangunannya.

Itulah sebagian fasilitas yang disediakn oleh pemerintah provinsi Riau yang disajikan untuk masyarakat Riau secara meluas, dan masih banyak lagi fasilitas yang lainnya yang bisa diakses lansung di www.riau.go.id dan dinikmati masyarakat. (ADV/Baim/Humas)

Kirim komentar Anda disini

Komentar