Sabtu , 19 Oktober 2019

Sosialisasikan PHBS, Mahasiswa KUKERTA UNRI Ajarkan Cuci Tangan Dengan Baik dan Benar

PULAU BIRANDANG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Tematik Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar Universitas Riau 2019 mengadakan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa SDN 007 Pulau Birandang, Sabtu (3/8/2019).

PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan dimasyarakat. Salah satu perilaku hidup sehat yang disosialisasikan oleh mahasiswa KUKERTA UNRI adalah kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Dimulai langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar yang dijelaskan oleh mahasiswa KUKERTA UNRI dan apa manfaat dari mencuci tangan yang baik dan benar dengan menggunakan sabun. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari bakteri yang menempel pada tangan.

“Mencuci tangan yang baik dan benar merupakan salah satu langkah awal untuk mengenalkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada anak-anak. Hal sederhana ini perlu dimulai dari diri sendiri dan sangat perlu diketahui dan dikenalkan oleh anak-anak sejak  dini agar mereka sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan diri maupun lingkungannya.”, tutur Zahara yang merupakan salah satu mahasiswa KUKERTA UNRI yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

Para staf guru SDN 007 Pulau Birandang juga sangat mendukung diadakannya kegiatan Sosialisasi PHBS tersebut karena dengan adanya kegiatan tersebut siswa dapat mengetahui tentang pentingnya untuk hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, mahasiswa UNRI menjelaskan dan mendemonstrasikan langsung tentang 7 langkah mencuci tangan yang baik dan benar dihadapan para siswa. Para siswa SDN 007 Pulau Birandang sendiri terlihat sangat antusias dan semangat terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KUKERTA UNRI tersebut.

Khobar Bahari selaku Koordinator Desa dari tim KUKERTA UNRI Pulau Birandang juga memberikan nasehat kepada siswa SDN 007 Pulau Birandang agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan serta tercipta lingkungan yang baik dan nyaman. Beliau juga berharap agar para siswa SDN 007 Pulau Birandang selalu mencuci tangan yang baik dan benar seperti yang telah disosialisasikan.
Kegiatan tersebut ditutup dengan foto bersama mahasiswa KUKERTA UNRI beserta siswa SDN 007 Pulau Birandang.

Penulis : Aini. Z

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Mahasiswa KUKERTA UNRI Gelar Sosialisasi Pembuatan Akuaponik

INHU, DETAKKAMPAR.CO.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau menggelar sosialisasi pembuatan akuaponik bersama ...