Surau Al-Mutmainnah Desa Ranah, Gelar Penutupan Khalwat Tarekat Naqsyabandiyah

KAMPAR – Surau Suluk Al – Mutmainnah melakukan penutupan Khalwat (Suluk) Tarekat Naqsyabandiyah di bawah Asuhan Abuya Syekh H. Ilyas Yakkub (Ongku Malin) pada malam ke 21 Bulan Suci Ramadhan yang berada di Desa Ranah Kecamatan Kampar, Selasa malam (04/05/2021).

Kegiatan Khalwat (Suluk) ini sebelumnya dilaksanakan pada malam ketiga Bulan Suci Ramadhan, dan ditutup setiap 20 hari pada bulan Suci Ramadhan.

Secara positif, khalwat (Suluk) adalah menarik diri dari keramaian dan menyepi untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dari pantauan pewarta di lokasi, adapun dari kegiatan tersebut, masyarakat sangat Antusias untuk melancarkan Khalwat (Suluk) kegiatan keagamaan pada bulan yang suci.

Rangkaian acara pun di laksanakan, seperti berbuka puasa bersama antara pengurus Khalwat (Suluk) dan masyarakat dengan membawa Rantangan, Talam (Dulang) dengan berisi berbagai macam makanan yang dibawa oleh masyarakat dari rumah.

Adapun Jammah Tarekat Naqsyabandiyah
yang ikut hadir dari Desa Ranah lama, yaitu, Desa Ranah, Desa Bukit Ranah dan Desa Ranah baru, Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat juga Para Donator.

Kegiatan sebelumnya, pada pembukaan Khalwat (Suluk), dibuka langsung oleh Abuya Mursyduna Syekh H. Abdul Somad Ja’far yang diwakili oleh Ongku Mudo Abuya H. Zulkarnain LC.

Dimana pada waku pembukaan Khalwat (Suluk) juga dilaksanakan penyembelihan 1 ekor hewan Kerbau untuk acara berbuka bersama di Surau Suluk Al – Mutmainnah.

Pada malam penutupan Khalwat (Suluk), Abuya Mursyduna Sykh H.Abdul Somad Ja’far yang diwakili oleh Khadam Guru Ongku Malin Alif menyampaikan, bahwa dalam kegiatan ini kita sangat apresiasi kepada penyelenggara dan donator yang telah mengsukseskan dan berpartisipasi.

“Allamdulillah, kegiatan kita berjalan dengan lancar dan baik, kita juga sangat berterimah kasih kepada penyelenggara dan donator yang sudah berpatisipasi untuk mengsukseskan kegiatan Khalwat (Suluk) di Surau Suluk Al-Mutmainnah,” ujarnya.

Disisi lain, Ketua Panitia M. Ikhlas S.Sos (Datuok Nodo Intan) juga menyampaikan bahwa ini adalah acara turun temurun dari dahulu-dahulu, dan kita juga melakukan kegiatan buka bersama, Sholat berjama’ah sekaligus menutup Khalwat (Suluk) di Surau Al-Mutmainnah.

“Saya selaku Ketua Panitia, mengucapkan terimah kasih kepada para Donatur, sehingga dapat melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya saat dikonfirmasi (04/05/2021).

Lebih lanjut, dikatakannya, Antusias masyarakat membawa Talam (Dulang) terhadap acara ini, supaya kegiatan ini bisa berkembang kepada masyarakat dan agar lebih giat lagi untuk berkembang di tengah masyarakat, khususnya di Desa Ranah.

“Membawa Talam (Dulang) ini ada dua agenda dalam Bulan puasa, Pertama dalam pembukaan dan penutupan,” tuturnya.

Ikhlas mengharapkan, mudah – mudahan kebersamaan ini bisa ditingkatkan dan dikembangkan untuk lebih baik lagi, supaya nilai-nilai agama ini bisa kita tingkatkan, terutama di Desa Ranah lama khususnya di Kabupaten Kampar dan Indonesia pada umumnya, harap Ikhlas yang juga digelar Datuok Nodo Intan itu.

(Dir)

Kirim komentar Anda disini

Komentar