Selasa , November 30 2021

Tersangkut Masalah Hukum, Presiden Setujui Penundaan Pelantikan 7 Anggota DPR Terpilih

Detak kampar.com, JAKARTA – Hari ini, Rabu (1/10) bertepatan dengan 1 Oktober, Hari Kesaktian Pancasila 560 Anggota DPR RI terpilih dan 132 Anggota DPD terpilih priode 2014-2019 akan dilantik di Gedung Nusantara satu. 7 legeslator terpilih dipastikan tidak akan dilantik hari ini, pasalnya ketujuh orang ini tersangkut masalah hukum dengan KPK.

Sekjend DPR RI Winantuningtyastiti, mengatakan pihaknya secara resmi telah menerima Kepres dari Presiden SBY pukul 02.00 WIB dinihari tadi, dengan demikian ketujuh orang legeslator terpilih ini dipastikan batal dilantik. ” Kita sudah terima Kepres sekitar pukul 02:00 dinihari tadi, ada 5 Anggota DPR dan 2 Anggota DPD yang dibatalkan pelantikannya hari ini,” terangnya.

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (30/9) malam mengungkapkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menyetujui permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menunda pelantikan tujuh anggota DPR terpilih. Penundaan dilakukan karena ketujuh orang tersebut sedang tersangkut masalah hukum. “Yang jelas sudah direspon langsung oleh presiden sebelum jatuh tempo pada hari pelantikan,” ungkapnya.

Sebelumnya, dari 560 calon anggota dewan yang bakal dilantik, 7 diantaranya diusulkan KPU agar pelantikannya ditunda. Permintaan itu disampaikan KPU melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar ditangguhkan. Penagguhan dilakukan karena tujuh anggota dewan terpilih tersebut tersandung kasus hukum. “Kami mengajukan permintaan kepada presiden untuk jangan diresmikan dulu,” kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Senin (29/9). (dr)

Kirim komentar Anda disini

Komentar