Minggu , September 26 2021

Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat, Satpol PP Kampar Tinjau Galian C di Desa Terantang

TAMBANG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Menindak lanjuti laporan masyarakat terkait adanya Aktifitas Galian C di Desa Terantang Kecamatan Tambang, Sat Pol PP Kampar Bersama Tim Terpadu yang terdiri dari DLPH, PTSP, Camat Tambang, Polsek Tambang, Kades Terantang dan Perwakilan Ninik Mamak melakukan peninjauan ke lapangan.

Peninjauan tersebut yang dilaksanakan pada Jumat (24/01/2020), disepakati pihak Kecamatan dan Desa untuk dilaksanakan pembahasan tindak lanjut. Hasil pembahasan ditingkat kecamatan dan desa akan dijadikan bahan rapat oleh Tim terpadu Tingkat Kabupaten yang dijadwalkan pada senen (27/01/2020) di Kantor Satpop PP Kab. Kampar.

Berdasarkan pengamatan dilapangan, persoalan muncul akibat lokasi aktifitas galian C yang berasal dari sungai kampar berbatas langsung dengan hak ulayat berbentuk Pulau yang ingin tetap dipertahankan. Keberadaannya sebagai bagian dari kekayaan adat di desa terantang.

Hal ini disampaikan Kasat Pol PP Kampar H. Nurbit, S.Ip, MH melalui Kabid Gakda SatPol PP Kampar El Fauzan 24/01/2020, dijelaskannya bahwa persoalan ini harus diselesaikan dari tingkat Pemerintahan Desa dan Kecamatan. Lokasi penimbunan material galian C yang telah dieksplorasi dengan menggunakan mesin hisap, jalur distribusi atau jalan yang dilalui untuk keluar masuk alat angkutan dan material adalah milik warga setempat yang juga merupakan anak kemenakan dari pemangku adat setempat yang juga merupakan penduduk dari Desa Terantang Kecamatan Tambang.

Untuk menyelesaikan atau mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi, karena berkaitan dengan aktifitas pekerjaan atau pekerjaan masyarakat setempat yang tentunya berkaitan dengan pendapat keluarga.

“maka Tim Terpadu Kabupaten meminta permasalah ini dimediasi penyelesaiannya terlebih dahulu oleh Kepala Desa, Ninik Mamak, pihak pihak terkait lainnya dibawah Koordinasi Camat Tambang,”ujarnya.

Lebih lanjutnya, berdasarkan data yang ada pada Dinas Penanaman Modal dan Palayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kampar, aktifitas galian C pada lokasi ini tidak memiliki izin. Mengingat aktifitas galian C ini berkaitan erat dengan tugas pokok OPD terkait, maka disepakati masing OPD membuat telahaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang akan dibahas lebih lanjut pada rapat Tim Terpadu.

“Rekomendasi selanjutnya kepada Bupati Kampar terhadap permasalah ini akan dilaporkan secara resmi setelah rapat tim terpadu yang rencananya akan dilaksanakan pada hari senen 27 januari 2020 yang akan datang,”imbuhnya.

Kasat Pol PP selaku Ketua Tim kunjungan lapangan, meminta kepada semua pihak terutama pihak yang melakukan kegiatan usaha galian C di lokasi ini agar tidak melakukan aktifitas sampai ada keputusan lebih lanjut. Hal ini untuk menjaga kondusifitas kamtibmas khususnya di desa terantang kecamatan,”pungkasnya.

(*)

Kirim komentar Anda disini

Komentar