Senin , 16 September 2019

Tingkatkan Fungsi BPD, F-BPD Kampar Gelar Bimtek Ketua BPD se-Kampar

BANDUNG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Kabupaten Kampar kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi Ketua BPD se-kampar, yang dilaksanakan di Hotel Zest Bandung Jum’at (13/9/2019).

Kegiatan yang mengusung tema pengawasan Dana Desa dan dana penyertaan modal BUMDES ini diagendakan pada tanggal 12 hingga 16 September 2019, hal ini dilaksanakan terkait dalam peningkatan kapasitas BPD selaku pengawas Dana Desa.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Tata Desa dan Pengembangan Desa, Balai Pelatihan Masyarakat Desa, Kemendes PDT Provinsi Lampung RONI ABU HASAN, Sp.MH. Ketua Forum BPD Kampar Syofian Dt.Majosati.,SH. MH dan Ketua BPD se-kampar.

Dalam sambutannya Ketua Forum BPD Kampar mengatakan, kegiatan BIMTEK gelombang pertama ini diikuti oleh 71 peserta dari berbagai BPD Yang tersebar di beberapa Kecamatan.

Syofian berharap, Out put dari kegiatan adalah agar BPD bisa memahami tugas pokok dan fungsinya, sehingga bisa membantu Kepala Desa selaku mitra kerja dalam rangka melaksanakan pembangunan di desa masing masing.

“Kepala Desa dan BPD adalah mitra, apa lagi nantinya terkait dengan besarnya bantuan keuangan propinsi untuk BUMDES senilai 200 juta per desa, ini sungguh memerlukan pelaksanaan dan pengawasan yang serius di masing masing desa,” jelasnya.

Ditambhkannya, selain itu F-BPD juga akan mengagendakan kunjungan ke Desa Ciwedeui Kabupaten Bandung. Desa Ciwedeui adalah desa nomor satu tata kelola Bumdes se-Provinsi Jawa Barat,” terang Syofian.

Sementara itu Direktur Lembaga CERIS Minsarwedi S., SP, MM mengaharapkan kegiatan pengawasan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengikuti kegiatan dengan baik sehingga dapat diaplikasikan ilmunya ditengah masyarakat nanti.

“kegiatan itu hanya beberapa dari BPD yang dianggarkan desa dan harapannya untuk desa lain akan menggarkan kegiatan pelatihan ini untuk mempertajam pemahaman tugas dan fungsi BPD agar dana desa tersalurkan dengan baik dan maksimal,” ungkap Minsarwedi.

Ditambahkannya fokus bimbingan teknis (Bimtek) ini pertama pengawasan dana desa oleh BPD, kedua Pengawasan dan penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) dan ketiga melakukan kegiatan studi banding ke desa-desa yang sudah maju.

(Man)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Kegiatan Pembangunan BoxCulvert Desa Tanjung Harapan

Wartawan Konfirmasi Kegiatan Pemdes, Oknum Kades Mengatasnamakan “Kejati Riau”

Kampar,Riau. DETAKKAMPAR.CO.ID – Ratusan triliun rupiah yang telah digulirkan pemerintah pusat untuk pembangunan desa selama ...