Sabtu , Oktober 16 2021

TP-PKK Desa Sibuak Ikuti Pelatihan Daur Ulang Sampah

PEKANBARU – Ketua Bidang Perubahan Iklim Pengolahan Limbah Domestik dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau secara resmi membuka kegiatan Pelatihan daur ulang sampah bagi Ibu-Ibu TP-PKK Desa Sibuak, Tapung Kampar, Jumat (1/10/2021).

Pelatihan daur ulang sampah ini dilaksanakan di Dalang Collection Pekanbaru selama 2 hari, mulai tanggal 1 sampai 2 Oktober 2021.

Dalang Collection Pekanbaru merupakan Bank Sampah dan Sentra Pengolahan Sampah milik Hj. Soffia Saffen, SH., yang telah berdiri sejak tahun 2007 dan telah banyak menerima penghargaan baik dari pemerintah daerah maupun pusat.

Dalam kata sambutannya, Setyo Widodo mengatakan “Pelatihan Daur Ulang Sampah ini sejatinya sangat penting untuk dilaksanakan dan dipelajari oleh masyarakat. Karena pengelolaan dan pengolahan sampah ini tidak bisa hanya diselesaikan oleh pemerintah atau dinas terkait, namun harus ada keterlibatan masyarakat serta sentra pengolahan sampah seperti Dalang Collection ini di dalamnya. Pengelolaan dan Pengolahan sampah juga seharusnya bukan dimulai ketika sampai ditempat penampungan akan tetapi dimulai dari rumah tangga. Sampah sudah harus dipisahkan dan dikelola secara mandiri. 3R, Reuse, Reduce dan Recycle, inilah kuncinya.

Jika hal ini telah ditetapkan oleh masyarakat, maka sampah tidak akan menjadi permasalahan yang berulang bagi masyarakat atau pemerintah. Bahkan sampah akan bisa menjadi sarana peningkatan pendapatan dan kualitas hidup bagi masyarakat.

Kepala Desa Sibuak, Muizin Firmansyah, S.Kom selaku Pembina TP-PKK Desa Sibuak dalam sambutannya menyampaikan, kepada ibu-ibu peserta pelatihan daur ulang sampah ini, agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan penuh semangat dan keseriusan. Sehingga setelah selesai pelatihan ini nantinya kita dapat membangun bank sampah dan melakukan pengelolaan dan pengolahan sampah di Desa.

“Karena bagaimanapun kami tidak ingin, dana desa yang telah kita anggarkan untuk mengadakan pelatihan ini menjadi sia-sia. Kami juga berharap setelah Bank sampah di desa kita berjalan dan berkembang nantinya akan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa,”ujarnya.

Sementara itu Satiti Rahayu, SKM.,MKM selaku Ketua TP-PKK Desa Sibuak meunturkan, jajaran pengurus TP-PKK Desa Sibuak menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Desa Sibuak yang telah mendukung dan menganggarkan dana.

“InsyaAllah apa yang menjadi harapan dari Bapak selaku Kepala Desa dan harapan masyarakat Desa Sibuak dapat kami wujudkan. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada Ibu Soffi selaku pimpinan Dalang Collection yang telah berkenan menyambung kami dan membolehkan kami untuk menimba ilmu disini,”ucapnya.

Sartiti juga mohon maaf apabila kedatangan kami membuat repot Ibu beserta tim pelatih dan kami mohon maaf juga apabila selama pelatihan ini nantinya ibu-ibu kami ini rempong, banyak bercanda dan banyak maunya. Karena bagaimanapun ya beginilah kami Ibu-Ibu PKK Desa Sibuak dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Dalam pelatihan daur ulang sampah ini ibu-ibu TP-PKK Desa Sibuak akan dibekali berbagai macam ilmu pengetahuan mulai dari bagaimana mengelola persampahan dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui metode 3R, manajemen bank sampah, pengelolaan sampah organik menjadi kompos dan ecobrik dan praktek pengelolaan serta pembuatan pupuk kompos dan praktek pembuatan kerajinan dari sampah.

(*)

Kirim komentar Anda disini

Komentar