Kamis , 18 Juli 2019

Upaya Bupati Tak Kenal Henti Menggesa Pembangunan Kampar

advetorial-pemda-kampar1
                              Keterangan Fhoto : Bupati Kampar memulai salah satu program pembangunan

BANGKINANG KOTA – Jum’at 25 Maret 2016 staf khusus Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat RI, Suhendra Prawira Negara, datang berkunjung ke Kabupaten Kampar. Rombongan disambut hangat oleh Bupati Kampar H Jefry Noer SH dan Kepala DInas Bina Marga Kabupatn Kampar Indra Pomi.

Momen kunjungan tersebut digunakan Bupati Kampar, untuk menyampaikan harapan masyarakat Kabupaten Kampar agar pembangunan jalan jalur Pekanbaru- Bangkinang dan Jalan menuju Candi Muara takus di Kecamatan XIII Koto Kampar dapat segera dilanjutkan secepat mungkin.

“Agar akses jalan yang lancar dan bebas hambatan seperti yang diharapkan khususnya oleh masyarakat Kabupaten Kampar dapat terwujud,” harap Bupati.

Upaya Bupati Kampar Jefry Noer menggesa pembangunan Kampar seperti tak kenal henti. Meski sebagaimana diketahui, APBD Kampar mengalami penurunan akibat berkurangnya Dana Bagi Hasil (DBH) Minyak. Bupati menginstruksikan agar SKPD dapat mengambil peluang dana baik dari APBD Provinsi maupun APBN.

“Kemampuan saudara-saudara dalam meraih sumber dana tersebut merupakan sebuah prestasi,” ungkap Bupati lewat pidato yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. H. Zulfan Hamid saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kampar Tahun 2016 yang digelar di Aula kantor Bupati Kampar, Rabu (23/3/2016).

Karenanya ia meminta jajaran SKPD selalu siap. Sebab  untuk meraih berbagai sumber pendanaan tersebut tentunya sangat ditentukan oleh kesiapan dalam menyiapkan kelengkapan administrasi yang diperlukan, berupa proposal yang dilengkapi dengan dokumen pendukung berupa master plan, desain, RAB dan lain-lain.

Tak hanya menggenjot kinerja SKPD dalam mencari anggaran, Bupati juga meminta agar pelaksanaan program pembangunan dapat diawasi. Hal itu disampaikannya kepada Camat dan Kepala Desa se- Kabupaten Kampar beberapa waktu lalu dengan mencontohkan salah satunya pembangunan Rumah Layak Huni (RLH).

“Cek kembali ke lapangan, sesuaikan dengan anggaran yang telah ditetapkan pemerintah, banyak rumah baik yang pemugaran hingga pembangunan baru tidak baik kondisi bangunannya,’’tegas Bupati yang mengingatkan agar adanya pengawasan dalam program pembangunan.

Bupati Kampar memimpin rapat pembangunan dengan SKPD
                                         Keterangan Fhoto : Bupati Kampar memimpin rapat pembangunan dengan SKPD

Hal yang sama juga diingatkan Bupati kepada kepala- kepala Dinas di kabupaten Kampar. Bupati menyebutkan bahwa seharusnya Kadis banyak melakukan peninjauan kelapangan langkah-langkah apa kedepan agar lebih maju lagi.

“Oleh sebab itu kesolidan Dinas tergantung kepada Kepala SKPDnya masing-masing sehingga fungsi dinas dapat berjalan dengan maksimal,”ucapnya.

Adapun Untuk mewujudkan pemerintah yang baik dan bersih sebagai upaya untuk mencegah terjadinya praktik korupsi, kolusi dan Nepotisme maka Pemeintah Daerah Kabupaten Kampar  MoU atau penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Kejaksaan Negeri Bangkinang sekaligus Sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Penandatangan MoU ini sesuai dengan intruksi Presiden Nomor 7 tahun 2015 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan Korupsi dimaksudkan untuk meningkatkan upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi di Instansi Pemerintahan.  Makanya hal ini merupakan upaya pencegahan terjadinya penyimpangan guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan menjaga kelancaran program pembangunan di pusat dan daerah.

Dengan kerjasama ini kedepan  upaya pemda kampar dalam perencanaan dan implementasi program-program pembangunan daerah dapat terealisasi dan berjalan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku demi terwujudnya cita-cita kesejahteraan masyarakat di Kampar menuju Zero kemiskinan, zero pengangguran dan zero rumah kumuh.

Selain itu Bupati juga terus menggesa SKPD untuk bergerak cepat dalam menggesa pelaksanaan pembangunan Kabupaten Kampar. Bupati Kampar berharap seluruh SKPD dapat melaksanakan kegiatan rutin sesuai dengan jadwalnya.

“Segala sesuatu yang berkaitan dengan percepatan pembangunan  harus dengan segara dilaksanakan,”kata Jefry Noer.

Oleh sebab itu, Jefry menekankan kepada seluruh Kepala SKPD apa yang dapat dijalankan dan diproses yang dilalui untuk dapat mengikuti proses tersebut sehingga APBD Kampar dapat dilaksanakan untuk pembangunan.

Adapun pembangunan yang dilakukan, menurut Bupati Kampar sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kampar. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Kampar terus meningkatkan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan ruas jalan yang membuka daerah- daerah terisolir sehingga kini sudah memiliki akses jalan yang memadai bahkan aspal hotmix.

Dengan terbukanya jalan-jalan dari berbagai pelosok Kampar tersebut, diharapkan urat nadi perekonomian masyarakat juga terus berdenyut dan berkembang. Selain itu program pembangunan yang saat ini juga tengah berjalan adalah pembangunan kawasan Water Front City.

“Untuk water front City ini, sekarang masih dalam pembangunan jembatan. Saya berharap kepada siapapun kelak yang menjadi Bupati Kampar tahun 2017, agar dapat meneruskan program ini,’’ungkap Bupati dalam pidatonya dalam sidang paripurna istimewa HUT Kabupaten Kampar beberapa waktu lalu di gedung DPRD Kampar.

Selain menggesa kinerja SKPD Bupati juga mengajak semua elemen masyarakat Kampar untuk bersatu membangun Kampar termasuk partai politik. Jefry Noer mengajak seluruh partai politik bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kampar dan bersama-sama membangun daerah. Bupati berharap terbangun sinergi sehingga pembangunan di Kabupaten Kampar dapat terus ditingkatkan.

advetorial-pemda-kampar

Keinginan Bupati mempercepat pembangunan Kampar juga disampaikan kepada seluruh pejabat dilingkungan Pemkab Kampar. Lewat pidato yang dibacakan Sekretaris Daerah, Zulfan Hamid pada acara Pelantikan Sumpah dan Pelantikan Jabatan  Pejabat pimpinan tinggi pratama dan Pejabat Struktural diPemerintahan Kabupaten Kampar di Aula Kantor Bupati Kampar beberapa waktu lalu.

Bupati berpesan agar jangan menunda pekerjaan. Seluruh pejabat yang ada agar segera melaksanakan tugas, jangan menunggu esok, apa yang dapat dikerjakan hari ini harus segera dikerjakan, apabila ditunda, maka pekerjaan lain pun pasti tertunda. Ini adalah falsafah yang harus dipegang ungkap Bupati. (dir)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Untuk Ketiga Kalinya Kampar Terima WTP Dari BPK RI

PEKANBARU, DETAKKAMPAR.CO.ID – Kabupaten Kampar menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan ...