Sabtu , 20 Juli 2019

Warga Keluhkan Anaknya Tak Diterima di Sekolah, ini Penjelasan Kepala Sekolah

Kepsek SDN 036 Desa Karya Indah, Hj.Sri Suryanti

TAPUNG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Kisruh terkait penerimaan peserta didik baru di tahun ajaran 2018-2019, masyarakat banyak belum memahami dan mengetahui tentang petunjuk teknis dalam hal penerimaan murid baru, seperti di Sekolah Dasar Negeri 036 Desa Karya Indah Kec.Tapung Kab.Kampar, bahwa dijelaskan oleh salah seorang masyarakat bernama Lin (Pria, 45 Th) menceritakan kepada wartawan bahwa anak nya tidak bisa diterima disekolah dengan alasana kurang dari syarat umur yang ditentukan oleh peraturan juknis penerimaan murid baru.

“anak saya tidak diterima di sekolah SD karena belum cukup umur, karna anak saya kelahiran 2012 berarti ya kurang 2 bulan dari 6 tahun”. paparnya.Rabu (18/7/2018), Sehubungan dengan hal tersebut, wartawan mengkonfirmasi langsung kepada Kepala Sekolah SDN 036 Desa Karya Indah, Hj.Sri Suryanti menyebutkan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berdasarkan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Terkait Juknis atau Petunjuk Teknis PPDB TK SD SMP SMA SMK dan Sederajat (Kemendikbud) Tahun 2018/2019.

Didalam petunjuk teknis tersebut dijelaskan bahwa untuk persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) Sekolah Dasar (SD) atau bentuk lain yang sederajat, berusia 7 (tujuh) tahun yang dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa setempat sesuai dengan domisili calon peserta didik. atau paling rendah 6 (enam) tahun pertanggal 1 Juli tahun berjalan.

Khusus SD, Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun dengan pengecualian bersyarat usia paling rendah 6 (enam) tahun yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan khusus yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan istimewa/bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

Demikian dijelaskan Kepala Sekolah Dasar Negeri 036 Desa Karya Indah, Hj Sri Suryanti SPd kepada Wartawan. Lanjut ia juga menyampaikan “kalaau kita buat dan terima untuk titipan, anak tersebut tidak bisa dan tidak akan terdata di Sistim Dapodik, kalau 6 tahun persatu juli ini masih bisa kita bantu bantu. Atau kalau anak yang kurang usia dari 5 Tahun tidak bisa kita terima tanpa ada pendukung dari psikolog menjelaskan bahwa anak itu berkebutuhan cerdas luar biasa istimewa.” ungkap Buk Hajjah.

Dari hal ini, Kepala Desa Karya Indah Muhammad Ali berharap agar dunia pendidikan yang ada di Desa Karya Indah untuk dapat bersosialisasi dengan pemerintahan desa agar pihak pemerintahan mengetahui perkembangan guna bisa disosialisasikan kepada masyarakat. Begitu juga saya himbau kepada aparatur RT/RW dilingkungan masing-masing agar dapat berperan aktif dalam bersinergitas sehingga semua terjaga stabilitas dan kondusifitasnya.

(Hasbi)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Bupati Kampar Laksanakan Peletakan Batu Pertama RLH Bantuan Perusahaan

TAMBANG, DETAKKAPAR.CO.ID – Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para ...