Rabu , Oktober 20 2021

Warganya Terpapar Covid-19, Babinsa Koramil 16/Tapung Dampingi Nakes Swab Antigen Kontak Erat

TAPUNG HILIR – Petugas UPT Puskesmas Kota Garo didampingi Babinsa Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar Sertu Hermid dan perangkat Desa melakukan tracing dan swab antigen kepada keluarga dan tetangga pasien Covid-19 di Desa Kota Aman, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Selasa (05/10/2021).

Pasien terkonfirmasi Covid-19 tersebut adalah Ai dan saat ini sedang melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan Satgas Covid desa dan Puskesmas Kota Garo
“Kita dari Puskesmas lakukan swab antigen kepada keluarga dan tetangga yang pernah kontak erat dengan pasien, untuk memutus penyebaran virus,” ungkap Bidan Desa Yusmaneli.

Dijelaskannya, rapid antigen kepada kontak erat bertujuan untuk mendeteksi virus corona dengan memberikan hasil diagnosis yang cepat, yaitu hanya dalam waktu 15 menit. Tes antigen sendiri merupakan tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini.
“Alhamdulillah setelah kita lakukan swab antigen, kontak erat semuanya negatif. Tetapi kita minta agar tetap melakukan isolasi mandiri. Apabila di kemudian hari ada gejala atau indikasi, segera hubungi saya,” imbuh Yusmaneli.

Sementara Babinsa meminta kepada keluarga, kerabat dan tetangga yang pernah kontak erat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, kapanpun dan dimanapun berada.

Dirinya menegaskan, pasien Covid bukan merupakan aib, sehingga tidak perlu menjauhi pasien Covid dan keluarganya, jika masa isolasi sudah selesai, dan dinyatakan negatif.

“Intinya jika sudah dinyatakan negatif, ya pasien sudah bebas dari Covid-19. Jangan dijauhi apalagi dicemooh. Tetap kita berikan dukungan untuk mereka,” tegas Babinsa.

Sumber : Pendim 0313/KPR

Kirim komentar Anda disini

Komentar