Kamis , 14 November 2019

Wisata Alam Terbaru, Desa Tanjung Belit Wujudkan Desa Wisata

Kampar Kiri Hulu, DETAKKAMPAR.CO.ID – Keindahan dan kesejukan Alam disekeliling perbukitan yang berada diujung pedesaan batas Kampar, persisnya di Desa Tanjung Belit Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kab.Kampar Riau sangatlah dirasakan keasriannya.

Ya tentunya ini dibuktikan dengan tumbuhnya terobosan wisata alam yang ada di desa ini, wisata alam pemandian Sungai Lalan begitu sebutannya.

Sebelumnya, Desa Tanjung Belit Kec Kampar Kiri Hulu dikenali dengan wisata alam Batu Dinding yang cirikhasnya dikelilingi dengan bebatuan bukit yang menyerupai datarnya dinding.

Kali ini, Sungai Lalan nama wisata alam pemandian yang baru saja di rintis dan dibuka oleh para generasi muda mudi bersama masyarakat setempat.

Mereka merintis dan membuka wisata alam ini baru beberapa hari menjelang terlaksananya momen liburan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Demikian dikatakan salah seorang pemuda Desa Tanjung Belit pecinta alam wisata saat memandu pengunjung perdana dari objek wisata Sungai Lalan, Jumat (07/06/2019).

“Objek wisata alam pemandian Sungai Lalan baru saja kami rintis, agar perlahan dikenali masyarakat banyak. Kebetulan pengunjung perdananya merupakan Salah seorang Perss dari Kabupaten Kampar, Bang Hasbi Riau.” ujarnya.

Pemuda ini juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan pertama para pengunjung perdana Sungai Lalan setelah dibuka untuk wisata. Dengan harapan agar wisata alam pemandian Sungai Lalan ini berkembang terjamah masyarakat luas keasrian lam wisatanya.

“Ya..terlihat destinasi wisata alam pemandian sungai lalan ini sangatlah masih terjaga keasrian alam dan hutan sekitarnya. Kami sebagai pengunjung sangatlah merasakan hal itu.” pangkas Hasbi.

Ditambahnya, “disini saya juga merupakan seorang pemuda kamar yang bernaung dibawah karang taruna dan sebagai kontrol sosial akan menghimbau dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mencoba destinasi wisata alam pemandian Sungai Lalan di Desa Tanjung Belit Kampar Kiri Hulu ini.” ajak Ketua Karang Taruna dari Desa di Kecamatan Tapung.

Lanjut dirinya berharap kerjasama juga dari segenap masyarakat tempatan dalam menjaga dan melesetarikan objel wisata ini. Kemudian, kerjasama beserta perhatian penuh dari berbagai komponen pemerintahan dan para pengusaha agar terwujudnya semangat para generasi bangsa yang ada di pedesaan daerah bumi serambi mekkah nya riau.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Tanjung Belit Kec.Kampar Kiri Hulu ketika dikonfirmasi wartawan menyampaikan melalui pesan WhatAppnya, “Baru pas mau lebaran idul fitri ini dibukanya bi…insyaallah siap lebaran ini kita kembangkan selanjutnya.” beber Hai (sapaan kades).

“kemarin sudah kita bawa tenaga teknis untuk menghitung anggarannya untuk bendungan mini disitu..ternyata dananya lumayan juga bi,nggak bisa satu tahun anggaran do. Ingin kami di wisata sungai lalan ini dibangun bendungan mini.” pungkasnya.

Ditambahnya, “Kalau di buat bendungan mini disitu pasti bagus tu bi…dua fungsi..untuk wisata dan irigasi pengairan yang bermanfaat disana aspek kehidupan masyarakat Desa Tanjung Belit khususnya. Umumnya Kampar.” Kata Kades Tanjung Belit.

Berikut Beberapa Cuplikan Video Amatir Dari Objek Wisata Alam Pemandian Sungai Lalan Desa Tanjung Belit Kec.Kampar Kiri Hulu Kab.Kampar :

Sungai Lalan yang berjarak lebih kurang 500 meter dari pemukiman warga Desa Tanjung Belit ini sungguh membuat pesona alam yang luar biasa asrinya. Pantauan wartawan Sungai Lalan ini bisa ditempuh sejam perjalanan dengan sepeda motor dan mobil menuju lokasi wisata alam ini dari arah Pekanbaru di Lintas Lipat Kain – Tanjung Belit (Gema Kampar Kiri Hulu).
Sumber Video : HasbiRiau/NFHayana/Pemuda-Pemudi Desa Tanjung Belit
Liputan/Penerbit : Hasbi Riau 

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

45 Peserta Siak Internasional Serindit Boat Akan Berjuang Lawan Arus Deras Sungai Siak

SIAK, DETAKKAMPAR.CO.ID – Pemkab Siak dalam waktu dekat akan menyelengarakan iven Siak Internasional Serindit Boat ...