Kamis , 18 Juli 2019

WWF Indonesia Akan Lakukan Penghijauan di Kawasan Wisata Sungai Kopu

i

TANJUNG , DETAKKAMPAR.CO.ID – Dalam waktu dekat World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia akan lakukan penghijauan di wilayah wisata Sungai Kapur (Kopu) yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kampar, Riau.

WWF Indonesia melakukan penghijauan dengan menanam buah-buahan seperti rambutan, durian, manggis, matoa dan buah-buahan lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Tanjung Sutomi kepada GoRiau.com, Senin (30/7/2018). Ia mengatakan peghijauan ini akan dilakukan oleh WWF sepanjang 70 hektare di kawasan menuju wisata sungai kopu.

“WWF ini berencana akan melakukan penghijauan di desa kita dengan menanam berbagai tanaman buah-buahan. Lokasi penanamannya di pinggir sungai menuju wisata sungai kopu,” kata Sutomi.

Lebih lanjut Sutomi menjelaskan, tujuan penanaman penghijauan dilakukan terutama untuk menaikkan debit air sungai. Dan alasan dengan menanam buah-buahan untuk penghijauan agar bisa dimanfaatkan pemilik lahan.

“Tujuan WWF melakukan penghijauan dalam rapat bersama pemerintah desa menyampaikan tujuan penghijauan ini agar bisa menaikkan debit air sungai, kembali menghijaukan kawasan hutan bekas tebangan ataupun lahan kosong. Dan dengan menamam buah-buahan hasilnya buahnya bisa dimanfaatkan oleh pemilik lahan,” jelasnya.

Kepala Desa Tanjung menambahkan terkait dengan pemilik lahan lokasi penanaman penghijauan, telah dilakukan persetujuan pihak desa dengan pemilik lahan tersebut.

Sementara itu perwakilan WWF Indonesia Arsyad Rahim menjelaskan WWF ini adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang menangani tentang-tentang masalah konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan. Dulunya WWF ini bernama World Wildlife Fund dan masih menjadi nama resmi di Kanada dan Amerika Serikat.***

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Sulit Ditemui dan Dikonfirmasi, Kadis Pertanian Kampar Sebut Tak Miliki Nomor Telepon

BANGKINANG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Sulitnya menyampaikan keluhan petani kepada pihak Dinas Pertanian Kabupaten Kampar. Pasalnya, Kepala ...