Senin , Oktober 25 2021

Zulkifli Hasan Resmi Jabat Ketua MPR

Detak kampar.com,  Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rayat (MPR) terpilih langsung diambil sumpahnya sesaat setelah pemilihan berakhir, Rabu 8 Oktober 2014. Pengucapan sumpah dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung
Koalisi Merah Putih mendapatkan empat dari lima kursi pimpinan MPR. Satu kursi direngkuh Osman Sapta Odang dari DPD. 
Mantan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional resmi menjabat Ketua MPR periode 2014-2019. Wakil Ketua MPR dipegang Mahyudin (Partai Golkar), EE Mangindaan (Demokrat), dan Hidayat Nur Wahid (Partai Keadilan Sejahtera).
Osman yang saat voting berseberangan dengan Zulkifli turut menikmati kursi pimpinan MPR, karena Dewan Perwakilan Daerah hanya mengajukannya seorang diri dan mau tidak mau kedua kubu mengambilnya masuk paket.
Voting untuk memilih satu dari dua paket, yaitu Paket A dengan calon ketua Osman dan Paket B dengan calon Zulkifli. Pemungutan suara dimulai sekitar pukul 00.00 dan berakhir sekitar pukul 03.30. Selanjutnya penghitungan suara berakhir pukul 04.15. Paket A mendapatkan 330 dan Paket B mendapatkan 347.
Ketua MPR terpilih ini nantinya akan melantik Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada 20 Oktober 2014 mendatang. (dir/vivanews

Kirim komentar Anda disini

Komentar