Antam Raih Tiga Penghargaan CSR dan PDB 2024

detakkampar.co.id – PT Aneka Tambang Tbk (Antam), anggota dari PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID). Merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Holding Industri Pertambangan (HIP), meraih tiga penghargaan pada ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Award 2024. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, pada Selasa (7/5/2024). Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) bersama Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF).

” Baca Juga: Insiden Tragis Billboard Di Mumbai Roboh “

Dalam ajang ini, Antam menerima penghargaan kategori Gold melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat (Kalbar) dengan program “Bee in Borneo” dan UBP Nikel Kolaka dengan program “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pembangunan” (Padakuan). Sementara itu, UBP Nikel Maluku Utara memperoleh penghargaan kategori Silver untuk program “Kebun Tani Harmoni”.

Komitmen Terhadap Keberlanjutan

Sekretaris Perusahaan Antam, Syarif Faisal Alkadrie, menegaskan bahwa sebagai perusahaan yang memprioritaskan keberlanjutan. Antam selalu berupaya menjaga hubungan yang baik dan harmonis dengan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya. Menurut Syarif, perusahaan berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat dengan mendistribusikan manfaat ekonomi secara berkelanjutan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini bertujuan untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat serta pemangku kepentingan.

Syarif menjelaskan bahwa komitmen ini diwujudkan melalui berbagai program pengembangan masyarakat yang melibatkan pemangku kepentingan di sekitar wilayah operasi Antam. Pendekatan dan strategi ini dilakukan untuk memastikan keberlanjutan dalam setiap aspek kegiatan perusahaan.

Program TJSL Antam

“Bee in Borneo” atau Budi Daya Madu Kelulut yang dijalankan oleh UBP Bauksit Kalbar adalah salah satu inisiatif tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan oleh Antam. Program ini bertujuan untuk memberikan manfaat ekonomi melalui produksi madu serta manfaat ekologis dalam konservasi keanekaragaman hayati secara berkelanjutan. Sementara itu, UBP Nikel Maluku Utara menjalankan program “Rumah Tani” yang mengedukasi dan membangun nilai ekonomi dari sektor pertanian bagi masyarakat lokal. Di sisi lain, UBP Nikel Kolaka berfokus pada pengembangan potensi masyarakat melalui program “Padakuan” yang mengintegrasikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan secara seimbang.

Baca Juga :   Manfaat Menggunakan Jasa Desainer Interior untuk Rumah Anda

Penghargaan dan Pencapaian Antam

Atas upaya dan program-program tersebut, Antam berhasil meraih penghargaan CSR dan PDB 2024. Diiakui sebagai perusahaan pertambangan dengan kinerja positif dalam bidang tanggung jawab sosial dan pemberdayaan masyarakat. Sebagai bagian dari MIND ID, pelaksanaan program TJSL Antam sejalan dengan pedoman keberlanjutan MIND ID. Mengacu pada kerangka Strategic Community Investment. Kerangka ini terdiri dari empat pilar tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) yang mempertimbangkan pemenuhan aspek pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM).

” Baca Juga: NIKI Menggelar Buzz World Tour di Indonesia pada Februari 2025 “

Penghargaan ini tidak hanya mengakui upaya Antam dalam menciptakan nilai ekonomi dan sosial bagi masyarakat, tetapi juga menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjalankan operasional yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

error: Content is protected !!