Rabu , 12 Desember 2018

300 Sekolah di Kampar Deklarasikan Sekolah Ramah Anak

BANGKINANG KOTA, DETAKKAMPAR.CO.ID – Dalam rangka memberikan kenyamanan dilingkungan Sekolah, Pemerimntah Daerah (pemda) Kabupaten Kampar melalui Dinas PendidikanKepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar mengelar Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA).

Selain sosialisasi sekaligus juga dilakukan Deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) sebanyak 300 buah sekolah yang ada di Kabupaten Kampar yang dipusatkan di Aula Kantor Bupati Kampar, rabu (14/11/18).

Bupati Kampar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri,M.Si membuka secara resmi acara tersebut menyampaikan, bahwa menjadikan sekolah ramah anak merupakan tantangan bagi kita semua.

Aka tetapi apabila hal ini bisa kita wujudkan di Kabupaten Kampar, jelas sekali akan berpengaruh kepada mutu pendikan anak-anak bangsa kedepannya.

Deklarasi yang dihadiri Deputi Pemamfaatan Waktu Luang Kemdikbud RI Drs Indrawati,S.Sos tersebut, Yusri menjelaskan bahwa kita harus tau dengan syarat yang harus diperhatikan pertama Hardware, Dalam hal ini meliputi fisik dan infrastruktur sekolah, seperti tempat ibadah, tempat ibadah, perpustakaan yang up to date, laboratorium, taman, serta jumlah toilet yang sebanding dengan jumlah siswa.

Ha ini menjadi syarat yang sangat penting, toilet merupakan hal yang sangat penting, dimana jumlahnya harus sebanding dengan jumlah siswa. Jumlah toilet perempuan juga harus lebih banyak dari pada laki-laki”, ucap Dt Yusri”.

Kemudian dalam software yang meliputi Kurikulum, dalam hal ini hendaknya mulai dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Apabila kurikulum telah berlaku barang pasti ketegasan setiap daerah kepada sekolah melaui Dinas terkait akan lebih jelas.


Pada kesempatan tersebut mulai dari Sekda, Deputi Kemendikbud, Muspida, para Kepala Sekolah serta para siswa yang hadir ikut membubuhkan tanda tangannya sebagai wujud mendukung deklarasi program sekolah ramah anak.

Sementara itu Kepala Dinas PendidikanKepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar Drs Santoso,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan akan mendukung dan manjalankan sepenuhnya SRA, sebab sekolah merupakan naungan dibawah Dinas Dikpora

Dalam hal ini apabila bisa berjalan dengan baik, jelas akan merobah prilaku anak-anak siswa/I dari kurang baik yang berakibat kepada dirinya, keluarga dan sekolah. Dalam hal ini juga seperti prilaku kejahatan seksual serta penyalahgunaan narkoba.

(Dirman/rls)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Tanggulangi Kemiskinan Lewat PKH

BANGKINANG KOTA – Banyak cerita dibalik perjuangan para Pendampingan Keluarga Harapan (PKH) yang bertugas diwilayah ...