Minggu , 20 Januari 2019

Api Obor Asian Games 2018 di Arak Keliling Kota Istana

SIAK, DETAKKAMPAR.CO.ID – Api Obor atau Torch Relay Asian Games 2018 tiba di kediaman Bupati Siak pada Rabu malam 1/8/2018 sekitar pukul 19.40 WIB. dan disambut langsung oleh Bupati Siak Drs.H Syamsuar,MSi, Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri,MSi, Forkopimda Siak, serta tamu undangan, rombongan disuguhkan dengan sejumlah pertunjukan kesenian budaya seperti pencak silat, barongsai dan pertunjukan seni budaya Melayu.

Selanjutnya api obor Asian Games 2018 diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Doni Afrialdi kepada Bupati Siak Drs.H. Syamsuar, MSi di atas podium. Setelah prosesi penyerahan, rombongan langsung menuju balai 4 suku untuk beristirahat dan makan malam.

Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, MSi menyampaikan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) yang telah memilih Kabupaten Siak sebagai jalur yang dilalui Obor Asian Games 2018. “Saya yang mewakili seluruh masyarakat Siak mengucapkan terima kasih kepada pak Wapres Jusuf Kalla dan pak Erick Thohir selaku Ketua INASGOC. Karena menjadikan Siak sebagai tempat persinggahan Obor Asian Games 2018,” ucapnya,

Syamsuar berharap kirab obor Asian Games ini juga memberi semangat bagi atlet-atlet Siak untuk bisa berprestasi “Adapun atlit prestasi Siak yang ikut berpartisipasi, Bufon Sinaga, Azizan Effendi, T Said Fauzi, Nilam Cahaya, Samuel Lothar, Wan Rahmad, Alam S, Angga Saprianto dan T Wahyu Gunawan,” jelasnya

Usai mencicipi santap malam, Sekitar Pukul 20.00 WIB api obor Asian Games 2018 langsung diarak menuju lapangan Siak Bermadah, dimulai dengan penyerahan api Asian Games dari Bupati Siak ke Kapolres Siak, diiringi oleh Torch Guard dari 10 TNI dan 10 Polri, komunitas sepeda dan sepatu roda, selanjutnya para muspida membawa api obor di drop ke masing masing posisi.

Setelah selesai acara dilapangan Siak Bermadah, selanjutnya Bupati Siak menyerahkan api Asian Games 2018 kepada atlet karate cilik berprestasi Buffon Julianto Sinaga, yang baru-baru ini pernah menjadi juara dunia junior di Belgia. dan selanjutnya api di kirab dengan kawalan 10 TNI 10 Polri serta iringan komunitas sepeda dan sepatu roda menuju ke jembatan Tengku Agung sultanah Latifah dengan atlet berprestasi, api Asian Games itu sendiri tidak diinapkan di Siak karena setelah selesai acara langsung dibawa ke ibu kota Provinsi Riau Pekanbaru.

Dari pantauan media ini dilapangan terlihat ribuan Warga Siak begitu antusias memenuhi kiri kanan jalan yang akan dilalui oleh rombongan kirab obor Asian Games 2018 di kota Istana tersebut, mulai dari kantor bupati hingga didepan Istana Kesultanan Siak, sampai di lapangan Siak bermadah, menjadi arena utama untuk kegiatan Kirab Obor Asian Games 2018 yang dihadiri oleh Bupati Siak Syamsuar dan pejabat Muspida.


Setelah api obor Asian Games 2018 ini singgah di Kota Istana Siak, kemudian rombongan melanjutka perjalanan ke rute berikutnya.

(Amri/rls)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Kwarcab Yuyun Hidayat : Pramuka XIII Koto Kampar Harus Miliki Saka Pariwisata

XIII KOTO KAMPAR,DETAKKAMPAR.CO.ID -Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Pramuka Kampar Yuyun Hidayat menekankan, Pengurus Kwartir Ranting ...