Selasa , November 30 2021

Beri Penyuluhan Hukum ke Siswa, Kajari Kampar Hadir di 2 Sekolah

BANGKINANG – Sesuai fungsinya memberikan penyulluhan hukum kepada masyarakat, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar hadir di dua sekolah berikan penyuluhan hukum kepada para siswa, Senin (22/11/2022).

Dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan kegiatan Penyuluhan hukum pada hari ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bangkinang Kota dan SMA Negeri 2 Bangkinang Kota ini langsung dihadiri Kajari Kampar Arif Budiman, SH.MH, Kasi Intel Silfanus Rotua Simanullang,SH.MH
dan jajaran.

Dalam paparannya Kajari Kampar menyampaikan, akan pentingnya bermedia sosial yang baik dan benar agar anak para siswa tidak rersandung hukum atau Undang – Undang ITE.

“Dalam bermedia sosial kita harus bijak dan jangan sampai menyalahi aturan UU ITE, baik dalam menshare atau menupload setiap konten apakah itu video, foto dan lain sebagainya agar kita tidak terlibat dalam perkara hukum,” ujar Arif.

Selain itu Kajari juga menekankan tentang bahaya norkoba dan penyalahgunaannya yang bisa merusak generasi muda terutama anak – anak usia sekolah serta Body Shaming (celaan fisik) dan Buliying.

“Kepada para siswa jangan coba mendekati apalagi menjadi pelaku penyalahgunaan narkoba, karena akan berhadapan dengan hukum, dari itulah pada hari ini kami hadir disini memberikan penyuluhan agar para siswa tahu dan terhindar dari hukuman,” sebut Kajari.

Sementara itu Kepsek SMK Negeri 1 Bangkinang Kota Djunaidi menyampaikan ucapan terimakasih atas kesempatan dan perhatian dalam hal penyuluhan hukum untuk siswa. Dimana kegiatan ini sebetulnya sudah lama diminta oleh SMKN 1 Bangkinang Kota, dan pada hari ini dikabulkan dan dilaksanakan dengan baik.

“Alhamdulillah, kegiatan ini dapat dilaksanakan, dimana sebelumnya kegiatan ini sudah lama diminta SMKN 1 Bangkinang Kota, kita mengucapkan terimakasih kepada Kajari Kampar Arif Budiman berserta jajaran,” kata Djunaidi.

Untuk selanjut, sambung Djunaidi, tentu komunikasi ini dapat ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan yang lain.

Kalau hari ini penyuluhan hukum, kedepannya ada hal – hal lain yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan belajar mengajar yang dapat di support oleh Kejari Kampar.

“Kami SMKN 1 Bangkinang Kota membuka diri untuk memberikan kesempatan dan waktu serta peluang kepada Kejari Kampar memberikan informasi yang lain terkait dunia hukum,” harap Djunaidi.

Sehubungan dengan siswa, tentunya kita harapkan apa yang disampaikan Kajari Kampar, tentang penyuluhan hukum “Kenali Hukum, Jauhi Hukuman, mudah – mudahan dapat menjadi pedoman bagi siswa – siswa.

“Terutama, UU ITE tentang media sosial, karena anak – anak sekarang dalam menggunakan media sosial, kalau memang tidak faham, yang menggunakan dengan candaan mungkin maksudnya, ternyata itu ada sangkut pautnya dengan hukum,” ujarnya.

Djunaidi berharap, apa yang disampaikan Kajari Kampar memang mewanti – wanti kepada siswa, untuk hati – hati menggunakan media sosial, karena kalau salah penggunaannya, media sosial tadi dapat menjadi sarana untuk menuntut kita didepan hukum,” tandasnya.

(Dir)

Kirim komentar Anda disini

Komentar