Selasa , Oktober 26 2021

Berikut Penjelasan Plt Manager PLTA Koto Panjang Terkait Tingginya Curah Hujan Dibagian Hulu

BANGKINANG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Tingginya curah hujan di wilayah hulu PLTA Koto Panjang Kampar akhir – akhir ini, membuat pihak pengelola membuka pintu pelimpahan (Spillway gate) secara bertahap mulai dari kemarin.

Dikatakan Plt Manager PLTA Koto Panjang Cecep, dari hasil analisa kami mulai kemarin kami telah membuka pintu pelimpahan secara bertahap dan pada pagi ini kita kembali membuka pintu sebanyak dua tahap yaitu pada pukul 10.00 WIB dan 15.00 WIB,’ ujar Cecep Selasa (10/12/2019) saat di temui di waduk benndungan PLTA.

 

Foto : Plt Manager PLTA Koto Panjang, Cecep 

“Untuk pukul 10.00 WIB kita membuka dua pintu x 60 cm, tiga pintu x 30 cm menjadi tiga pintu x 60 cm, jadi total bukaan pintu pelimpahan 5 pintu x 60 cm dengan perkiraan kenaikan air 60 sampai dengan 80 cm dan untuk pukul 15.00 WIB 5 pintu x 60 cm menjadi 5 pintu x 80 cm dengan kenaikan air 30 s/d 80 cm dari kondisi terakhir,” jelas Cecep.

Cecep berharap masyarakat sekitar bisa waspada, pembukaan Spillway secara bertahap ini bertujuan untuk menumalisir terjadinya banjir dan untuk malam nanti kita pelajari lagi air yang masuk apakah besok hari nya kita lakukan pembukaan lagi atau tidak,” terangmya lagi.

Ditambahkan Cecep dari pengecekan anggota kami di bagian hulu, dibandingkan hari Sabtu dan Minggu kemarin tingkat banjir disana sudah mulai berkurang begitu juga dengan intensitas hujannya,” imbuhnya.

Kita menghimbau agar masyarakat sekitar atau yang berada dihilir tetap waspada karena pembukaan pintu air sesuai debit air yang masuk dan kita tetap menyurati masyarakat disekitar dipagi hari sebelum pembukaan pintu air,” sambungnya.

Dari informasi yang didapat pihak pengelola PLTA Koto Panjang dari BMKG curah hujan masih akan terjadi dua minggu ke depan atau sampai akhir Desember ini.

(Dirman)

Kirim komentar Anda disini

Komentar