Selasa , 2 Juni 2020

Ini Proker Utama Mahasiswi Kukerta Relawan Covid-19 UNRI di Desa Tanjung Bungo Kampa

KAMPA – Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan covid-19 ini merupakan pengganti kegiatan kukerta yang tidak bisa dilaksanakan seperti biasanya hal ini dikarenakan melibatkan banyak orang. Kukerta ini mendorong mahasiswa yang saat ini aktif menjadi relawan penanggulangan penyebaran Pandemi Covid-19.

Salah seorang Mahasiswi yang sedang tergabung dalam Kukerta relawan covid-19 ini bernama Gusdina Mardianti dari Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Riau.

Kukerta relawan Covid-19 ini dilakukan di Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar.

Kegiatan kukerta relawan Covid-19 dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan dari LPPM UNRI Dr. Besri Nasrul, SP, M.Si.

Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah pemasangan spanduk, pembagian masker kepada anak-anak, penyemprotan disinfektan serta penjagaan posko relawan yang bertempat di desa Tanjung bungo Kampa.

“ Spanduk ini merupakan himbauan yang berisi tentang pengetahuan dasar cara melawan dan antisipasi terhadap penularan Pandemi Covid-19 di Desa Tanjung Bungo, hal ini bertujuan agar masyarakat tahu dan memperhatikan serta lebih meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga dapat terhindar dari virus yang sangat berbahaya baik itu bagi diri sendiri maupun orang lain,”kata Gusdina Kamis (23/4)2020).

Spanduk ini berisikan ajakan untuk hidup sehat, rajin cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila beraktifias diluar rumah, perbanyak berdoa dll”, ujar Gusdina Mardianti pada salah satu video youtube dalam kanal Kukerta Desa Lawan Covid-19 universitas Riau,” jelasnya.

Pemerintah menggantikan kegiatan belajar mengajar disekolah dengan melakukan belajar dirumah masing-masing sehingga anak-anak tetap berada di dalam rumah.

Akan tetapi, pada kenyataannya anak- anak masih banyak melakukan aktifitas diluar rumah untuk itu dilakukan kegiatan pembagaian masker terkhusus untuk anak-anak,”katanya lagi.

Masker yang dibagikan ini merupakan masker kain. Masker kain dinilai lebih praktis daripada masker bahan lain karena bisa dipakai berkali-kali.

Masker yang dibagi kepada anak-anak ini dipilih secara khusus dengan memilih motif kartun seperti frozen, mickey mouse, panda, dan lain dengan pemilihan warna yang cerah dan menarik sehiingga anak-anak lebih cendrung menyukai dan gemar untuk menggunakan masker. Kegiatan pembagian masker ini berupa ajakan agar anak-anak bisa menjaga diri dari dari usia dini serta mampu mencegah penyebaran pandemi covid-19 di desa tanjung bungo,”terangnya.

Pada kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan dengan membersihkan permukaan yang paling sering disentuh.

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan pada fasilitas umum seperti tempat ibadah, rumah warga, tempat bermain anak-anak, warung- warung yang biasanya tempat yang sering dikunjungi warga, dan lain – lain.

Penyemprotan fasilitas umum ini dilakukan guna mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Selain itu, kegiatan lain nya yaitu menjaga posko oleh relawan yang ada di desa Tanjung Bungo.

Setiap program Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswi yang sedang melakukan KUKERTA Kerelawanan Covid-19 didampingi oleh Kepala Desa Tanjung Bungo selaku Penanggung jawab Relawan Gugus Tugas, Bhabinkabtimas, Bidan Desa, serta Relawan lainnya bahkan pada saat pembagian masker untuk anak-anak juga didampingi oleh pegawai Puskesmas Kecamatan Kampa.

Kegiatan kukerta relawan covid-19 ini juga dipublikasikan dalam youtube ddalam kanal kanal Kukerta Desa Lawan Covid-19 universitas Riau serta juga dimuat dalam blog https://kukertacvd19tanjungbungo.wordpress.com
Gusdina mardianti berharap dengan adanya kegiatan kukerta ini dapat membantu dalam pencegahan serta pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 dengan melakukan gerakan masyarakat hidup sehat.

(Dina)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Mahasiswa Kukerta Kerelawanan Wabah Covid-19 UNRI Berikan Edukasi tentang Covid-19 melalui Virtual Community

PEKANBARU – Kukerta UNRI 2020 ini dilakukan dengan cara berbeda, menyikapi kebutuhan masyarakat saat ini ...