Rabu , Oktober 20 2021

Jam Ini Bantu Orang Tua Awasi Anak

Di zaman dengan teknologi serba canggih ini, orangtua dijamin semakin mudah dalam menjaga anak-anaknya. Sebuah perusahaan bernama FiLIP baru saja merilis sebuah produk hybrid antara jam tangan pintar dan ponsel, yang mengizinkan orangtua untuk mengawasi anaknya.

FiLIP memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dari jam tangan pada umumnya. Tentunya, ia bisa difungsikan seperti jam tangan lain, yaitu memperlihatkan waktu.

Uniknya, FiLIP dilengkapi beberapa fitur-fitur keamanan, seperti memberitahu lokasi si pemakai jam tangan dan juga melakukan panggilan.

Ya, perangkat ini juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan layaknya ponsel. Bedanya, si anak hanya dapat melakukan dan menerima panggilan dari lima orang yang telah didaftarkan oleh orang tuanya. Pembatasan tersebut ditujukan untuk melindungi anak dari orang-orang yang berbahaya.

Untuk tetap terhubung dengan anaknya, orangtua harus menggunakan sebuah aplikasi FiLIP, yang telah tersedia di Android dan iPhone. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, orang tua dan orang dewasa lain yang didaftarkan (hingga lima orang) dapat mendeteksi lokasi sang anak, melakukan panggilan, mengirimkan pesan teks, dan mengatur “SafeZones”.

Fitur SafeZones mengizinkan orangtua untuk membuat sebuah area aman atau lokasi di mana anak biasanya menghabiskan waktu, seperti di sekolah atau rumah. FiLIP akan secara otomatis mengirimkan notifikasi ke orangtua, apabila anak tersebut keluar atau masuk ke area SafeZone.

FiLIP sendiri terlihat sangat sederhana, dengan dilengkapi hanya dengan dua tombol saja. Tombol pertama memiliki warna yang sama dengan casing FiLIP. Sementara, tombol kedua berwarna merah.

Tombol merah tersebut merupakan tombol yang harus ditekan apabila si pengguna sedang merasa dalam bahaya. Dengan menekan tombol ini selama tiga detik, perangkat akan langsung melakukan panggilan ke nomor pertama yang ada di daftar kontak. Apabila tidak diangkat, FiLIP akan melakukan panggilan ke empat nomor sisanya.

Tombol merah ini juga akan mengirimkan lokasi terakhir dari si pemakai dan merekam suara suasana di sekitar lokasi si anak.

Untuk sementara ini, FiLIP baru dipasarkan di Amerika Serikat saja dengan harga 200 dollar AS. Seperti dikutip dari Mashable, Senin (2/12/2013), orang tua juga dapat membayar 10 dollar AS kepada operator AT&T untuk paket data unlimited.

Kirim komentar Anda disini

Komentar