Kepedulian Anggota Yonif 132/BS, Gelar Penyuluhan Illegal Loging Di Perbatasan RI

Mutis, DETAKKAMPAR.CO.ID – Peduli kelestarian alam, anggota Pos Naikake Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, memberikan Penyuluhan Ilegal Loging kepada warga perbatasan, bertempat di Balai Desa Naikake A Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara, Sabtu (01/02/2020).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Danpos Naikake, Lettu Arh Indra Prasetya memberikan penyuluhan tentang Ilegal Loging kepada masyarakat binaanya, yang dihadiri oleh 50 orang warga Desa Naikake.

Dilain tempat Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Letkol Inf Wisyudha Utama menyampaikan “penyuluhan Ilegal Loging ini merupakan suatu kepedulian Satgas Yonif 132/BS, dan upaya untuk menjaga kelestarian alam di daerah perbatasan Indonesia dan Timor Leste disertai juga untuk memberikan pemahaman tentang dampak dari Ilegal Loging.”

Ditambahnya, “Sama-sama kita ketahui, penebangan hutan secara ilegal itu sangatlah berdampak terhadap keadaan ekosistem di Indonesia, tentu memberikan dampak yang sangat merugikan masyarakat sekitar, bahkan masyarakat dunia. Tidak hanya kerusakan secara nilai ekonomi, akan tetapi juga mengakibatkan hilangnya nyawa yang tidak ternilai harganya.” kata Dansatgas.

Banyak kasus di lapangan yang sebenarnya dilakukan hanya untuk mencari sesuap nasi, akan tetapi karena tidak mempunyai izin dan dilakukan secara terus-menerus sehingga terjadilah illegal loging.

Demikian dibeberkan Letkol Inf Wisyudha Utama, “Untuk itu kami menggelar penyuluhan ini agar warga tahu tentang dampak dari Ilegal Loging yang membahayakan manusia. Saya berharap, melalui kegiatan ini masyarakat Desa Naikake paham betul tentang dampak yang akan mereka terima apabila melakukan pembalakan liar. Sehingga kelestarian alam tetap terjaga.” tutur Dansatgas mengajak.

Senada disampaikan Marianus Obe, Sekretaris Kecamatan Mutis mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota Pos Naikake Satgas Yonif 132/BS, yang telah menggelar penyuluhan bermanfaat seperti ini, sehingga dapat mengingatkan warga kami untuk lebih mencintai alam dan melestarikan keindahannya.” pungkas Sekcam Mutis.

 

 

 

***By

Kirim komentar Anda disini

Komentar