Minggu , Desember 5 2021

Kesaktian Hermayalis Ketua Koperasi Iyo Basamo Dimata Warga Desa Terantang

detak-kampar-logoTAMBANG – Salah satu sosok yang tidak bisa dipisahkan dari konfilk yang terjadi di Desa Terantang, Tambang adalah Hermayalis, ketua Koperasi Iyo Basamo.

Hermayalis sebenarnya telah digulingkan lewat Rapat Anggota Luar Biasa (RALB). Hermayalis digulingkan karena pembagian hasil panen Kelapa Sawit dari 425 hektare lahan koperasi kepada anggota tidak pernah proporsional.

“Dia itu ketua koperasi seumur hidup, apa kata dia aja pokoknya. Ada anggota yang berseberangan langsung dikeluarkan, setiap tahun jumlah anggota koperasi berkurang. Ini sudah kami laporkan ke dinas Koperasi di Bangkinang, tapi katanya mau dilaporkan dulu ke atasan, pertanyaannya, siapa atasannya,” ujar salah seorang warga.

Warga juga kesal termasuk kepada pihak kepolisian yang tidak pernah menanggapi laporan dari warga.

“Kemaren kita juga melaporkan pemukulan yang dilakukan oleh keluarga Hermayalis, ada visumnya, tapi tetap tidak ada tanggapan dari kepolisian,” ujar warga lainnya.

Menurut Sarjanis, tokoh masyarakat Tambang yang pernah menjabat Ketua Bazda Kampar, Hermayalis memilki rekam jejak kasus yang cukup banyak. Bahkan sudah ada yang divonis di Pengadilan.

Hermayalis pernah divonis kurungan tiga bulan tahun 2001 silam. Hermayalis terbukti menggelapkan dana sebesar Rp. 500 juta bantuan PT Perkebunan Nusantara V untuk masyarakat Terantang.

Kemudian, Hermayalis kembali dibui pada tahun 2011. Lewat putusan Kasasi Mahkamah Agung, Hermayalis terbukti memalsukan surat tanah KKPA Binangung di Desa Karya Bhakti Kecamatan Kampar Kiri Tengah.

Untuk kasus penggelapan dana koperasi Hermayalis juga sudah berstatus tersangka. Kapolres Kampar AKBP Ery Apriyono membenarkan status Hermayalis. Namun menurutnya, hingga kini masih proses melengkapi berkas penyidikan.

“Berkas sudah dikirim ke Kejaksaan. Sekarang masih P19,” ungkapnya didampingi Kasat Reskrim AKP Bambang Dewanto, Selasa (26/4/2016).

Melihat rekam jejak ini, Sarjanis berharap dapat dijadikan referensi bagi pihak berwenang untuk dapat bersikap objektif.

Ia juga meminta pihak berwenang, seperti Pemerintah dan Penegak Hukum, memihak kepada masyarakat.

Kirim komentar Anda disini

Komentar