Minggu , Desember 5 2021

Kesuksesan itu bisa dilihat, jika partisipasi masyarakat sangat tinggi.

Detak kampar.com – Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Siak menyerukan agar seluruh umat untuk mensukseskan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 9 April mendatang. Kesuksesa itu bisa dilihat, jika partisipasi masyarakat sangat tinggi.

 Berdasarkan Pemilihan Gubernur Riau beberapa waktu lalu, tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Siak hanya 56 persen. Dari sini, FKUB Siak mengkhawatirkan tingkat kepedulian masyarakat semakin menurun.

“Masyarakat sudah kurang minatnya untuk memilih.

 Ini menjadi kekhawatiran kita bersama,” ujar Ketua FKUB Siak H. Fathurrohman, Jumat (21/3/2014).

Dikatakan Fathurrohman, walaupun masalah Pileg bukan ranahnya FKUB, tapi ia merasa mempunyai tanggung jawab untuk menentukan pemimpin lima tahun mendatang. Tentunya, tergantung pada masyarakat. Jika masyarakat bersama-sama mencoblos, kata Fathurrohman merupakan sebuah langkah untuk menentukan pemimpin berkualitas.

Untuk itu, Fathurrohman meminta kepada seluruh pemuka agama agar betul-betul memastikan jamaahnya terdaftar pada DPT setempat. Sehingga, tidak ada lagi masyarakat Siak yang tidak bisa menggunakan hak suaranya.

 “Jika sudah terdaftar, kami minta masyarakat jangan golput,” kata Fathurrohman. Ia mengimbau, agar seluruh umat beragama datang ke TPS guna menyalurkan suara.

Untuk menjaga kelancaran pesta demokrasi, FKUB Siak juga mengimbau kepada pemuka umat untuk menghindari ‘money politic’ atau pemberian lain yang sifatnya mengikat.

 “Sebab, ini cara yang tidak sehat dan merusak demokrasi,” ujar Fathurrohman.***(joey)

Kirim komentar Anda disini

Komentar