Senin , 24 Juni 2019

Komisi A DPRD Kampar Gelar Hearing dengan Disdukcapil

BANGKINANG, DETAKKAMPAR.CO.ID -Komisi A DPRD Kampar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kampar terkait SOP kepengurusan Data Kependudukan seperti KTP, KK dan Akte Kelahiran serta Kematian.

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi A Repol dan dihadiri sejumlah Anggota Komisi A serta Kadis Dukcapil Kampar Muslim, dan sejumlah Kabid digelar di ruang rapat Komisi A, Senin (4/3/2019).

“Kita ingin agar pelayanannya tertib, untuk itu perlu SOP yang jelas dan baku agar pelayanannya maksimal untuk semua kalangan, jadi tidak ada membeda-bedakan pelayanan,” ungkap Repol.

Sekretaris Golkar Kampar ini juga mengingatkan adanya kepastian waktu lama kepengurusan serta informasi yang kongrit terkait adanya kendela teknis seperti blangko yang habis.

Sementara itu, Anggota DPRD Kampar Hj Hermiati menyoroti  petugas Disdukcapil yang menurutnya kurang ramah, “kalau kita bandingkan dengan  Capil didaerah lain, petugas kita ini kurang ramah kurang senyum, padahal berbicara keramahan, itu yang diutamakan,” ucap Politisi Golkar ini.

Menanggapi keluhan Anggota Dewan, Kadisdukcapil Muslim mengatakan pihaknya menargetkan untuk kepengurusan percetakan data kependudukan selesai dalam 3 hari, asal datanya lengkap, target itu bisa terlaksana kalau tidak ada kendala diserver, perangkat maupun blangko yang habis,” ungkap Muslim.

Saat ini, lanjutnya Disdukcapil Kampar perlahan berbenah diri untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, seperti pembenahan front office, ruang tunggu hingga menerapkan sejumlah trobosan program.

“Diantaranya jemput bola ke sekolah-sekolah, dengan melakukan perekaman KTP di sekolah, pelayanan keliling di desa dan di Kecamatan, kita juga sudah berkerjasama dengan RSUD Bangkinang dan sejumlah klinik bersalin untuk layanan akte kelahiran bagi anak yang baru lahir disana, dan secara Nasional mulai April sudah terlaksanakan tanda tangan elektronik,” jelas Kadis.

Ia juga mengadukan sejumlah kekurangan fasilitas di dinas yang ia pimpin, seperti kelayakan kantor, perangkat printer, hingga AC untuk ruangan tunggu masyarakat yang menunggu nomor antiran.

Berdasarkan kesimpulan rapat Anggota Komisi A DPRD Kampar bersama Disdukcapil sepakat dan komit memperjuangakan kantor baru Disdukcapil Kampar pelayanan semakin maksimal.

(Aa)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Wakil Ketua DPRD Kampar: Pelantikan Eselon II yang Dilakukan Bupati Waktunya Tidak Tepat

BANGKINANG KOTA, DETAKKAMPAR.CO.ID – Wakil Ketua DPRD Kampar Sunardi DS menilai pelantikan 11 orang Eselon ...