Minggu , September 26 2021

Menteri ATR/Kepala BPN Serahkan Sertifikat Tanah Masyarakat Desa Sinama Nenek

TAPUNG HULU, DETAKKAMPAR.CO.ID – Setelah 30 tahun menunggu, akhirnya masyarakat desa senama nenek bisa bernafas lega karena PT.PNV telah menyerahkan 1.385 sertifikat tanah yang diserahkan langsung oleh Menteri Agraria dan tata ruang Kepala BPN RI Sofian Djalil di Desa Senama Nenek Kecamatan Tapung Hulu, Kamis (26/12).

Dalam sambutannya, Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto mengatakan bahwa dengan diserahkannya sertifikat ini, akan menorehkan sejarah baru dipenghujung tahun, dengan harapan besar akan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya di desa Senama Nenek.

“Pemerintah Kabupaten Kampar berharap, setelah sertifikat diberikan oleh menteri kepada masyarakat, hendaknya tujuan reforma agraria sebagaimana diharapkan oleh pemerintah dapat terwujud melalui program tora atau tanah objek reforma agraria yang menjadi program andalan dari presiden Joko Widodo untuk rakyat, berimplikasi pada perubahan peruntukan kawasan hutan menjadi penggunaan lain yang berorientasi mengentaskan masyarakat dari kemiskinan” harap Bupati.

Sementara itu, Menteri Agraria dan tata ruang Kepala BPN RI Sofian Djalil, mengatakan bahwa, pada hari ini pemerintah akan menyerahan 3000 sertifikat tanah kepada masyarakat, dengan riancian 1.385 untuk masyarakat senama nenek dan 1.625 untuk program PTSL dan ini semua merupakan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya yang berada di senama nenek.

” Sertifikat tanah ini tidak bisa diperjual belikan, ini akan kita kunci selama sepuluh tahun agar bisa memberi manfaat yang baik untuk masyarakat, untuk itu masyarakat diharapkan berhemat karena suatu saat nanti akan ada peremajaan sawit dan itu membutuhkan biaya yang banyak” ujar Menteri ATR/Kepala BPN.

Pada kesempatan tersebut juga hadir, Gubernur Riau, Syamsuar, Kanwil BPN Provinsi Riau , M.Syahril, Kepala PTPN V Jatmiko krisna santosa serta masyarakat penerima sertifikat TORA dan PTSL.

Sumber : hms

Kirim komentar Anda disini

Komentar