Senin , 17 Juni 2019

MTQ Kabupaten Kampar ke 48, Momentum Mencintai Al-Qur’an

mtq kampar

KOTO KAMPAR HULU, DETAKKAMPAR.CO.ID – Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-48 tingkat Kabupaten Kampar secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi, AP, M.Si di Lapangan Sepak Bola Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kamis  (11/5/2017) malam.

Ketua panitia pelaksana MTQ ke- 48 Kabupaten Kampar, Sasminedi dalam laporannya menyampaikan bahwa MTQ  dilaksanakan di Kecamatan Koto Kampar Hulu selama 7 (tujuh) hari, mulai tanggal 11 hingga 17 Mei 2017. Untuk peserta, Kabag Kesra Setda Kampar ini merincikan, cabang Tilawah Al-Qur’an diikuti sebanyak 202 orang, cabag Hifzil Qur’an 113 orang, cabang tafsirul qur’an 16 orang, cabang Fahmil qur’an sebanyak 33 orang, cabang syahril 42 orang, cabang khatitil sebanyak 57 orang serta cabang makalah qur’an sebanyak 25 orang dengan total jumlah sebanyak 483 orang.

“Semantara untuk rumah yang disediakan sebanyak 42 unit, dimana dari jumlah tersebut untuk Dewan hakim, panitera serta panitia sebanyak 12 unit serta untuk kafilah 21 Kecamtan sebanyak 42 unit,” beber Sasminedi.

Pj Bupati Kampar, Syahrial Abdi, AP, M.Si mengatakan pelaksanaan MTQ ini sudah merupakan momentum penting dalam mencintai Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebab sebagai umat muslim kitab suci Al-qur’an adalah kitab yang kita percaya dalam mengamalkan amal ibadah kita setiap hari, karena al-qur’an selain pedoman hidup umat muslim juga sebagai penyejuk dan penenang hati apabila kita bisa memahami isi dan makna yang terkandung dalam Al-qur’an,” ungkap Pj Bupati.

mtq2

Untuk itu, lanjut Abdi, dalam membina generasi anak mempelari al-qur’an, peran LPTQ  disemua daerah sangatlah penting, makanya keberadaan LPTQ di setiap Kecamatan kedepan untuk lebih serius dan intensif melakukan pembinaan pendidikan dalam bidang baca Al-qur’an. Dengan demikian, melalui MTQ ini Syahrial berharap agar kedepan kita semua bisa lebih jauh membangun dan memperkuat citra kehidupan masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran minat baca al-qur’an dikalangan anak-anak, remaja serta pemuda melalui Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji ( gemar mengaji).

MTQ ke- 48 berakhir rabu malam (17/5) di lapangan Sepak Bola Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Dimana dalam pelaksanaan MTQ tahun 2017 Kecamatan  Kampa sukses keluar sebagai Juara. Ketua Panitia pelaksanan melalui Ketua Dewan Juri Idris Taher menjelaskan, bahwa peringkat-peringkat juara Kecamatan MTQ ke-48 yang dilaksanakan selama seminggu yang dimulai pada selasa 11 s/d 17 Mei antara lain , juara satu jelas Kecamatan Kampa, sedangkan peringkat kedua Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Perhentian Raja, Kampar, Koto Kampar Hulu,  Bangkinang, Kampar Kiri, Rumbio Jaya, Kampar Utara, Gunug Sahilan, Kampar Kiri Hulu, Bangkinang Kota, Kampar Kiri Hilir, Kuok, Siak Hulu, Salo, XIII Koto Kampar, Tapung, Tapung Hulu, Tambang serta peringkat terakhir Kecamatan Tapung Hilir.

mtq4

Sedangkan  untuk kegiatan pawai ta’aruf yang dilaksanakan pada saat pembukaan,  Kecamatan Koto Kampar Hulu keluar sebagai terbaik satu , terbaik dua Kecamatan XII Koto Kampar, terbaik tiga Siak Hulu, Harapan satu Kecamatan Rumbio Jaya, Harapan dua Salo dan Harapan tiga Kecamatan Kampar. Sedangkan untuk pemenang Stand Bazar ,terbaik satu juga Kecamatan Koto Kampar Hulu, terbaik dua  Kampar Kiri Hulu, terbaik tiga XIII koto Kampar Hulu, harapan satu Kecamatan Siak Hulu, harapan dua Bangkinang Kota serta harapan tiga Kecamatan Kecamatan Kampar.

Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi,AP,M.Si dalam sambutannya diacara penutupan MTQ ke-48 menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia, terutama panitia lokal sebagai tuan rumah penyelengra MTQ yang telah menjalankan kegiatan dengan sukses. Memang diakui disisi lain mungkin ada juga beberapa kekurangan dalam pelaksanaanya, akan tetapi itu akan menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih baik kedepannya.

Selain itu juga yang menjadi PR bagi kita semua, bahwa banyak beberapa cabang yang tidak ada para pemenangnya yang disebabkan karena criteria nilainya tidak mencukupi untuk nilai standar juara. Oleh sebab itu, tugas kita kedepan khsusunya LPTQ untuk lebih melakukan pembinaan para anak-anak dalam ilmu Al-qur’an.

Hal  ini perlu, karena  nantinya bukan saja untuk kita berkompetisi ditingkat Kabupaten tetapi ditingkat Provinsi bahkan tingkat nasional kita mesti bisa bersaing, makanya usai pelaksanaan MTQ ini Syahrial menegaskan segera lakukan pembinaan kepara para pemenang yang akan di Traning Center (TC) untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi nantinya.

Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Kampar ke- 48 yang digelar di Kecamatan Koto Kampar Hulu, ternyata juga menghadirkan berkah bagi masyarakat. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Camat Koto Kampar Hulu, Ni’am.

“Kita masyarakat Koto Kampar Hulu sangat berterimakasih atas dipilihnya Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu sebagai tuan rumah, karena begitu banyak berkah yang kita dapatkan dengan MTQ ini,” ungkap Ni’am (Jumat (17/5).

mtq3

Ni’am menerangkan, hal positif yang dirasakan warganya mulai dari dari bertambahnya pendapatan masyarakat selama pelaksanaan MTQ, hingga bumingnya tempat-tempat wisata di daerah tersebut.

“Banyak peserta ataupun warga dari Kecamatan lain yang belum pernah ke Tanjung, meluangkan waktu senggangnya untuk menikmati objek wisata ditempat kita, seperti Air Terjun Panisan dan Air Terjun Sungai Kopu,” beber Camat.

“Kita sangat bersyukur, acaranya berjalan sukses, dan mendapat apresiasi dari dewan hakim yang mengatakan pelaksanaan MTQ di Koto Kampar Hulu, salah satu yang terbaik, mereka juga mengapresiasi antusias masyarakat,” beber Ni’am. (Advetorial)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Bupati Kampar Tandatangani MoU  Optimalisasi Penerimaan Pajak Pusat Dan Daerah

PEKANBARU,DETAKKAMPAR.CO.ID -Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto bersama Gubernur dan Bupati/Walikota Se-Provinsi Riau melakukan penandatanganan MoU ...