Sabtu , Desember 4 2021

Paripurna Pengesahan RAPBD 2016, Program dan Kegiatan APBD agar Dapat Mengakomodir Kebutuhan Masyarakat

Detak kampar.com Bangkinangkota – Rapat paripurna DPRD Kampar tentang penyampaian hasil rapat Badan Anggaran (Banggar) dan persetujuan RAPBD Kabupaten Kampar tahun anggaran 2016 dilaksanakan,rabu malam (23/12) di ruang paripurna DPRD Kampar.

Bupati Kampar diwakili Asisten III Setda Kampar Ir.H.Nurahmi menjelaskan dalam sambutannya, APBD 2016 merupakan instrument kebijakan publik, sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan umum dan kesejahteraan masyarakat Kampar, yang memuat hak dan kewajiban Pemda serta masyarakat yang tercantum dalam pendapatan, belanja dan pembiayaan yang diselaraskan dengan Rancana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2016.
Karena itu program dan kegiatan di APBD agar dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi dan kondisi Kampar saat ini.
Walaupun telah selesai dibahas Dewan namun APBD Kampar belum dapat menjadi dokumen Daerah sepenuhnya sebelum ada evaluasi dari Gubernur Riau, karena itu kepada seluruh SKPD diharapkan dapat melakukan penyempurnaan sekaligus “entry data” dalam waktu tiga hari ke depannya terutama menyangkut hasil pembahasan baik di tingkat komisi dan banggar DPRD,kata Nurahmi.
Selanjutnya setelah ada hasil evaluasi yang dituangkan dalam keputusan hasil evaluasi oleh Gubernur tentang Ranperda APBD dan Ranper Bupati menyangkut penjabaran APBD sudah sesuai dengan kepentingan umum dan peratutan perundang-undangan yang lebih tinggi, selanjutnya diserahkan kembali kepada Bupati, maka Bupati menetapkan rancangan di maksud menjadi Perda dan Perbupnya.
Disamping itu, sekiranya ranperda APBD dan ranper Bup masih memerluka waktu tentang penjabaran APBD, agar dalam pelaksanaannya sesuai jadwal, maka diperlukan koordinasi dan konsultasi yang intensif antara Pemda Kabupaten Kampar dan Pemprov Riau,ulas Nurahmi.
Walaupun demikian untuk percepatan pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2016, maka kepada semua kepala SKPD, Nurahmi meminta agar segera melakukan persiapan administrasi kegiatan maupun persiapan teknis kegiatan di lapangan, sehingga kegiatan tahun anggaran 2016 dapat mulai dilaksanakan awal tahun 2016,kata Nurahmi.
Selain itu, Nurahmi juga mengingatkan kepada Kepala SKPD agar melakukan pengelolaan belanja secara efisien dan efektif tentunya tanpa mengurangi kualitas pekerjaan dengan memperhatikan azas keadilan dan manfaat bagi masyrakat,tegasnya.
Tak lupa Nurahmi menyampaikan ucapan terima kasih di akhir sambutannya kepada Ketua DPRD, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kampar atas saran, pemikiran dan masukan  serta kritik yang sangat berguna dalam penyempurnaan RAPBD tahun anggaran 2016.
Kepada seluruh kepala SKPD beserta staf dan tim TAPD yang telah berusaha, berupaya dan bekerja keras Nurahmi juga menyampaikan ucapan terima kasihnya karena telah melakukan pembahasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Kampar tahun anggaran 2016 secara intensif disertai rasatanggungjawab sehingga APBD 2016 dapat di selesaikan dan disetujui sesuai waktu yang ditetapkan,pungkas Nurahmi.(Edi/hms)

Kirim komentar Anda disini

Komentar