Minggu , 29 November 2020

Pasca Pasien Ke 13 Positif Covid-19, 13 Petugas Medis RSUD Bangkinang Tes Swab

BANGKINANG, DETAKKAMPAR.CO.ID  – Terkait pasien ke 13 positif Covid-19 inisial SA (18 Th) warga Salo Kabupaten Kampar, sebanyak 13 petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang jalani test swab.

Diketahui, 13 petugas medis yang menjalani Test Swab tersebut adalah orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif covid-19 berinisial SA (18) warga Kecamatan Salo.

Direktur RSUD Bangkinang, dr Asmara Fitrah Abadi melalui Kepala Bidang Pelayanan dr Firdaus, yang juga merupakan Ketua Tim Covid-19 RSUD Bangkinang Kabupaten Kampar mengatakan, “ini terkait dengan pasien ke 13 di Kabupaten Kampar yang positif terkonfirmasi Covid-19,”

“Sekarang Pasien ke 13 itu sedang dirawat disalah satu Rumah Sakit di Pekanbaru. Dan dia memiliki riwayat kontak berobat di UGD RSUD Bangkinang pada Tanggal 20 Juni 2020, ditanda tangani oleh Tim Medis RSUD Bangkinang saat itu ” Ujar Ketua Tim Covid 19 RSUD Bangkinang saat ditemui wartawan diruang kerjanya pada Senin siang (29/06/2020).

Dibeberkannya, “petugas medis RSUD Bangkinang saat itu tidak ada menaruh kecurigaan terhadap pasien positif Covid-19 tersebut, maka itu petugas medis hanya menangani pasien seperti biasa saja.”

“Setelah keluar hasil Swab dan dinyatakan Positif terkonfirmasi Covid-19, Pihak RSUD Bangkinang mendata petugas yang kontak erat dan memiliki riwayat menangani pasien itu.” Imbuh dr Firdaus.

Ia juga menjelaskan, bahwa dari 13 petugas medis yang menjalani test slSwab diantaranya ada juga seorang supir Ambulance yang memiliki kontak erat dengan pasien.

Ketua Tim Covid 19 mengungkapkan, bahwa swab dilakukan bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan petugas medis yang ada di RSUD Bangkinang. Hal ini juga bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Sejauh ini ada 13 petugas yang jalani test swab hari ini, jadi untuk hasilnya tunggu beberapa hari lagi setelah dapat informasi dari Laboratorium,” bebernya lagi menambahkan.

Lebih lanjut Firdaus menyebutkan, “saat ini para petugas medis yang jalani test swab sudah melakukan isolasi mandiri di rumah. Mereka tidak boleh melakukan aktifitas diluar rumah sampai hasil swab dinyatakan keluar,” pungkas Kabid Pelayanan.

 

 

**(hasbi)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Bupati Kampar Tinjau Ruang Isolasi Puskesmas Tapung

TAPUNG, DETAKKAMPAR.co.id – Atas merebaknya penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19) menjadi kerisauan pemerintah Kabupaten Kampar, ...