Selasa , Oktober 19 2021

Perawan Cantik di Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Saking banyaknya, pulau-pulau terluar di Indonesia sering luput dari penjelajahan traveler. Berbatasan langsung dengan Malaysia di Sumatera Utara, ada Pulau Pandang dan Salah Namo yang cantik bak perawan.

Mungkin sebagian dari Anda baru mendengar nama Pulau Pandang dan Salah Namo. Pulau ini masih sangat sangat cantik. Adanya di perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Tepatnya di Selat Malaka, di sebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Pulau ini dijaga oleh TNI Angkatan Laut. Pemandangannya sungguh menakjubkan. Pulaunya bersih, airnya sangat jernih. Pulau ini juga punya pemandangan pantai yang unik, sebagian berpasir dan sebagian lagi berbatu.

Bila kita ingin mengunjungi Pulau Pandang dan Salah Namo, kita dapat menaiki perahu bermotor dari dermaga Tanjung Tiram. Dengan menemupuh perjalanan kurang lebih 2 jam, kita akan sampai di Pulau Salah Nama. Di pulau ini kita bisa melihat bangunan tower telekomunikasi berdiri tegak diatas bukit. di Pulau Salah Nama banyak ditinggali berjenis satwa.

Pada malam hari kita bisa melihat kilauan lampu perahu nelayan yang menangkap sotong dan cumi-cumi. Tempat ini juga merupakan tempat favorit bagi mereka yang memiliki hoby memancing. Bila kita berjalan menaiki bukit hingga di puncak bukit di Pulau Salah Nama ini, keletihan yang kita rasakan akan segera terbayar begitu menyaksikan pemandangan di sekitar pulau yang luar biasa dari atas puncak bukit. kita juga bisa berteduh di bawah rimbunnya pepohonan yang ada di pulau Salah Nama.

Melihat air yang jernih di sekitar pulau Salah Nama tentunya akan menggoda kita untuk mandi di sekitar pulau. Bahkan kita bisa melihat sejumlah ikan berenang-renang di sekitar Pulau Salah nama. Sesekali bila kita beruntung, kita bisa melihat ikan lumba-lumba berenang tak jauh dari Pulau Salah Nama. Para wisatawan juga biasa mengelilingi pulau ini dengan menggunakan jet sky. Populasi berbagai jenis udang juga cukup banyak di Pulau Salah Nama.

Tak jauh dari Pulau Salah Nama dengan menempuh perjalanan selama 15 menit kita bisa tiba di Pulau Pandang. Tak kalah menarik dengan Pulau Salah Nama, Pulau Pandang memiliki potensi keindahan alam yang menakjubkan. Kondisi alam yang asri, perairan yang bersih dan jernih membuat tempat ini menjadi populasi beragam biota laut.

Di Pulau Pandang kita bisa melihat banyak sekali karang yang menghiasi perairan di sekitar pulau. Di perairan sekitar Pulau Pandang juga bisa kita temui bulu babi. Saat ini Pulau Pandang di jaga oleh satuan angkatan laut. Bila kita berkunjung ke tempat ini, kita bisa melihat adanya penangkaran penyu. Hal lain yang tak kalah menarik yakni adanya sumur air tawar di pulau ini. (hs)

Kirim komentar Anda disini

Komentar