Senin , 16 September 2019

Dihadiri Ribuan Warga, Puncak HUT ke-27 Perpindahan Desa Pulau Gadang Berlangsung Meriah

PULAU GADANG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Hari Puncak Ulang Tahun Pemindahan Pemukiman warga Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar yang ke-27, Sabtu (24/8/2019) pagi ditandai dengan Pawai Festival Budaya Mangonang Kampung Lamo yang berlangsung meriah.

Untuk kegiatan Festival Mangonang Kampuong Lamo diawali denga pawai yang diikuti seluruh elemen masyarakat, pemerintahan desa, para tamu dan undangan, seluruh pelajar mulai dari TK Harapan dari SDN 006 Pulau Gadang, SDN 007 Pulau Gadang, SMPN 3 XIII Koto Kampar, MTs Syekh H Jaafar Pulau Gadang maupun siswa dari SMAN 2 XIII Koto Kampar serta seluruh guru dan pegawai.

Pawai dimulai di depan MTs Syekh H Jaafar dan berakhir di Lapangan Tugu Kusuma Bantolo yang berada di di belakang kantor Kepala Desa Pulau Gadang. Sebagian peserta pawai akan menggunakan pakaian jadul, pakaian yang sering digunakan masyarakat saat berada di kampung lama. “Pokoknya bergaya saat berada di kampung lama dulu,” ulasnya.

Di Lapangan Kusuma Bantolo juga telah tersedia stand bazar dan pameran. Kita bisa melihat ataupun membeli aneka produk khas dari Desa Pulau Gadang. Selain itu ada foto kampung lama dan aneka peralatan rumah tangga, peralatan ke ladang maupun ke kebun yang sering digunakan masyarakat tempo dulu dan peralatan mencari ikan di Sungai Kampar dan anak sungai yang ada di kampung lama.

Kemudian dilanjutkan dengan upacara peringatan perpindahan Desa Pulau Gadang ke-27. Bertindak selaku Inspektur Upacara Camat XIII Koto Kampar Rahmat Fajri. Acara ini menurut rencana juga dihadiri Pucuk Adat Kenegerian Pulau Godang H Sawir,SP,MSi Datuk Tandiko, ninik mamak dari keempat suku yakni suku Domo, Melayu, Piliang dan Pitopang. Selain itu dihadiri keluarga kepala desa dan mantan kepala desa, alim ulama, cerdik pandai dan tamu undangan lainnya. Upacara juga diikuti seluruh masyarakat.

Setelah penampilan dari berbagai dusun, sekolah, acara dilanjutkan makan bajambau, sholat zuhur dan istirahat siang. Setelah itu masih di Lapangan Kusuma Bantolo acara dilanjutkan dengan berbagai permainan rakyat hingga sore.

Camat XIII Koto Kampar Rahmat Fajri mengatakan, Memang kalau kita mengingat masa – masa lalu memang indah, tapi tentunya masa lalu tetaplah masa lalu. Yang sekarang kami berharap kepada masyarakat Desa Pulau Gadang dapat berbenah diri melihat potensi – potensi yang ada,” ujarnya.

Fajri berharap tahun depan bisa dikemas lebih baik lagi dan nantinya bisa menjadi Iven untuk mendatangkan Wisatawan dari luar yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat serta kita dari Pemerintah Daerah akan berupaya untuk menjadikan ivent ini menjadi ivent tahunan daerah,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua BPD Pulau Gadang Syofian,SH.MH Dt.Majo Sati yang juga sebagai Pengarah acara menyampaikan, kegiatan ini sengaja di taja Pemerintah Desa Pulau Gadang dalam rangka HUT Pemindahan dari Kampung Lama, untuk tahun ini adalah yang ke-27 fan di suport langsung oleh Dinas Pariwisata Kampar,” kata Syofian.

“Filosofis nya kami masyarakat Pulau Gadang yang bersatu dengan Koto Masjid kami pindah ke Kampung Baru bukanlah pindah sembarang pindah, tapi kami pindah lengkap dengan adat istiadat dan agama yang kami miliki. Oleh karena itu di Festival ini kami ingin memanifestasikan dalam bentuk suatu Drama Klosal yang itulah kehidupan masyarakat Pulau Gadang pada zaman dahulunya,” tutup Syofian.

(Dirman)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Satlantas Polres Kampar Gelar Acara Perpisahan Dengan Iptu Try Widyanto Fauzal

BANGKINANG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Satlantas Polres Kampar menggelar acara perpisahan dengan Iptu Try Widyanto Fauzal,SIK Baur ...