Sabtu , 19 Oktober 2019

SMAN 1 Bangkinang Kota Terapkan Sistem Zonasi Dalam PPDB 2019

BANGKINANG KOTA, DETAKKAMPAR.CO.ID – SMAN 1 Bangkinang Kota Terapkan Sistem Zonasi Dalam PPDB. Meski hanya menyiapkan kuota sebanyak 352 Siswa baru, panitia PPDB SMAN 1 Bangkinang kota sudah diserbu oleh 400 siswa lebih pada hari kedua pendaftaran.

Kepala SMAN 1 Bangkinang Kota, Muhammad Hendra Yunal, M.Si didampingi oleh Ketua panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019, Ade Nofitri, M. Pd, Sekretaris, Amiruddin, S. Ag, Bendahara, Hj. Rosfilawati, M. Pd, Kordinator Pendataan, Roni Pasla, M. Kom, Kordinator Pelayanan dan Informasi, H. Endriani, S.Pd, dan Tim Verifikator, Nofela Afwan Donas, S.Pd di sela memantau kegiatan PPDB SMAN 1 Bangkinang Kota tahun 2019 kepada wartawan, (02/07/19) mengatakan, bahwa SMAN 1 Bangkinang Kota menerapkan sistem Zonasi pada PPDB tahun 2019.

lebih lanjut Hendra Yunal mengatakan, bahwa pada sistem Zonasi PPDB ditentukan melalui beberapa jalur, diantaranya jalur zona (lingkungan) dihitung mulai dari radius terdekat dari rumah calon siswa didik baru dengan lokasi sekolah. Pada jalur zona atau lingkungan ini kita sediakan kuota sebanyak 60 %. PPDB juga dilakukan melalui jalur siswa yang kurang mampu dibuktikan dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Pada jalur KIP disediakan kuota sebanyak 20%, ungkap Hendra Yunal.

kepada media Hendra Yunal juga menjelaskan, bahwa sistem zonasi juga melalui jalur prestasi yang dibuktikan dengan sertifikat juara umum sekolah atau sertifikat juara olimpiade, baik Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Pada jalur prestasi disediakan kuota sebanyak 15%. Pada Sistem Zonasi ini juga dilakukan melalui jalur anak guru/ASN/TNI/Polri yang pindah tugas ke Bangkinang, jelas Hendra Yunal.

Hendra Yunal juga mengatakan, bahwa pada PPDB tahun 2019 ini, SMAN 1 Bangkinang Kota hanya memiliki kuota sebanyak 352 siswa baru. Dan pada hari kedua pendaftaran, sudah diburu oleh 400 siswa lebih yang ingin sekolah di SMAN 1 Bangkinang Kota, ungkap Hendra Yunal.

Melaui media Hendra Yunal menjelaskan, bahwa PPDB SMAN 1 Bangkinang Kota dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada 01 – 03 Juli 2019. Pengumuman hasil akan diumumkan pada 08 Juli 2019, dan siswa didik yang dinyatakan lulus harus mendaftar ulang pada 09 – 11 Juli 2019, ungkap Hendra Yunal.

Hendra Yunal menghimbau agar seluruh siswa yang tamat SMP sederajat untuk mendaftar ke sekolah-sekolah terdekat dari rumah. Dan bagi siswa yang berprestasi silahkan mendaftar ke sekolah yang diminati. Silahkan mendaftar kemana saja, karena sistem Zonasi membuka jalur prestasi, ungkap Hendra Yunal.

Hendra Yunal menilai, bahwa sistem Zonasi adalah sistem yang berupaya untuk pemerataan dan berkeadilan. sehingga sekolah unggulan tidak hanya terpusat di satu kota saja. dengan adanya sistem zonasi, maka akan muncul sekolah-sekolah unggulan di setiap kecamatan. Berkeadilan maksudnya adalah, dengan adanya sistem Zonasi, maka siswa yang tinggal di sekitar sekolah akan bisa sekolah di daerah rumahnya, sehingga siswa tersebut tidak lagi terhalangi oleh sekolah favorit atau sekolah unggulan, ungkap Hendra Yunal.

(***)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Mahasiswa KUKERTA UNRI Gelar Sosialisasi Pembuatan Akuaponik

INHU, DETAKKAMPAR.CO.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau menggelar sosialisasi pembuatan akuaponik bersama ...