Sabtu , 19 Oktober 2019

Wisata Dermaga Tepian Mahligai ‘Menyatu’ Bersama Alam

Kampar, DETAKKAMPAR.CO.ID – Dibukanya akses bantuan jalan dan jaringan listrik dari PT PLN (Persero) melalui program corporate social responsibility (CSR), pada akhirnya menyulap kawasan yang dulunya hanyalah perkebunan karet di pinggir danau dan tempat bongkar muat hasil perkebunan karet maupun hasil tangkapan ikan para masyarakat nelayan menjadi objek wisata Dermaga Tepian Mahligai.

Wisata Dermaga Tepian Mahligai ini dikembangkan oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang diketuai oleh Syarfawi dan didampingi para rekan pengurus lainnya.

Wisata Dermaga Tepian Mahligai terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau – Indonesia. Dermaga Tepian Mahligai adalah salah satu wisata yang lagi populer di Kabupaten Kampar.

Dermaga tepian sungai ini viral di media sosial, setiap hari ribuan pengunjung dan para wisatawan berdatangan untuk melihat lokasi wisata dermaga tepian mahligai kampar ini.

Wisata dermaga tepian mahligai memiliki berbagai macam spot berkonsepkan alam lepas yang bisa digunakan oleh para pengunjung dan para wisatawan, ada juga wisata jembatan terapung. Dihiasi taman seribu bunga diiringi kelucuannya burung dara (merapat), dan kenyamanan para pengunjung berwisata.

Bagi pengunjung dan para wisatawan yang ingin mengambil foto dari udara atau ketinggian, disini pihak pengelola juga menyediakan sebuah drone, beserta para fotografer dengan hasil jepretan sangat berkarya dengan alam wisata dermaga tepian mahligai.

Objek wisata dermaga tepian maligai ini sangat nyaman dan udara disini pun segar, karena terdapat pepohonan. banyak pengunjung yang menggelar tikar di bawah pepohonan yang rindang sambil menyantap makanan bareng keluarga, pihak pengelola juga menyediakan tenda kemping.

Aneka tanaman bunga dan lampu hias menambah suasana yang eksotis yang dapat memanjakan mata pengunjung. pengunjung juga dapat berkunjung dimalam hari yang terasa asik berkat lampu hias, taman maupun tempat duduk yang nyaman. dermaga tepian mahligai adalah salah satu wisata alam yang menikmati pemandangan ke arah waduk PLTA Koto Panjang dan hutan yang menghijau di sekitar waduk. dari dermaga tepian mahligai pengunjung juga dapat mengelilingi pulau-pulau yang berada disekitar wisata.

Bagi pengunjung yang menyeberangi waduk, dapat menuju Air Terjun Tambang Murai yang ditempuh dalam waktu sekira setengah jam dan ke beberapa objek wisata lain yang kini semakin ramai dikunjungi seperti area air terjun Gulamo.

Bukan pengunjung dari daerah saja yang berkunjung kesini, namun banyak juga pengunjung dan wisatawan luar daerah yang berkunjung disini menikmati hari libur bersama keluarga. dermaga kayu terapung tampak indah menjulur ke tengah waduk sepanjang 100 meter.

Tempat ini terkenal karena banyak para pengunjung yang telah datang mengabadikan foto mereka di dalam sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan sosial media lainnya. tempat ini akan terus di kembangkan dengan menambah ide-ide kreatif kuliner dan yang lainnya.

Demikian dijelaskan oleh Syafruddin PA (06/10/2019) Minggu. salah seorang yang mendesain hingga mengonsep wajah wisata dermaga tepian mahligai sekaligus pembimbing dari pokdarwis Kampung Danau Koto Panjang berdasarkan SK Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar.

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Latih Pramuka Saka Wirakartika, Koramil 16/Tp Latih Rangka TMMD Ke 105

XIII KOTO KAMPAR, DETAK KAMPAR.CO.ID – Dalam rangka TMMD Ke 105 Kodim 0313/ KPR melaksanakan ...