Penambahan Formasi dan Persyaratan Seleksi Sekolah Kedinasan

detakkampar.co.id – Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), sebagai sekolah kedinasan yang dioperasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), telah menjadi incaran banyak lulusan SMA sederajat. Mereka telah menambahkan persyaratan dalam seleksi sekolah tersebut. Dalam pendaftaran tahun ini, STMKG membuka 120 formasi, meningkat dari jumlah formasi sebelumnya yang hanya 80. Keputusan ini menunjukkan meningkatnya minat dan popularitas sekolah kedinasan ini di kalangan para pelajar.

” Baca Juga: Tips dan Trik untuk Meningkatkan Kinerja Anda “

Persyaratan Pendaftaran yang Harus Dipenuhi

Bagi calon taruna baru yang ingin mendaftar ke STMKG, persyaratan yang harus dipenuhi mencakup berbagai aspek. Misalnya, calon taruna haruslah warga negara Indonesia yang sehat secara jasmani dan rohani. Memiliki kriteria kesehatan tertentu, dan berusia antara 15 hingga 23 tahun pada tanggal 1 September di tahun berjalan. Mereka juga diwajibkan untuk tidak menikah selama pendidikan, bebas dari penggunaan narkoba, dan memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.

Kriteria Khusus untuk Afirmasi

Selain persyaratan umum, ada juga kriteria khusus yang berlaku untuk peserta afirmasi. Seperti memiliki akta kelahiran dan domisili di provinsi tertentu, serta telah menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di provinsi yang sama. Untuk peserta Orang Asli Papua (OAP), rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah atau Majelis Rakyat Papua juga menjadi persyaratan tambahan yang harus dipenuhi.

Keuntungan bagi Taruna STMKG

Dalam proses pendidikan di STMKG, taruna tidak hanya mendapatkan pendidikan tinggi secara gratis, namun juga mendapat keuntungan lain. Mereka akan menjadi aparatur sipil negara (ASN) BMKG golongan 3A setelah lulus, serta mendapatkan pendidikan semi-militer untuk meningkatkan disiplin. Selain itu, mereka akan menerima tunjangan ikatan dinas dan diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan lanjutan hingga tingkat S2 setelah lulus.

Baca Juga :   Harapan Jokowi untuk Distribusi Alat Kesehatan Merata

” Baca Juga: Denpasar: Kota Ramah Perempuan dan Anak yang Berkomitmen “

Penyesuaian dengan Persyaratan Terbaru

Dengan meningkatnya jumlah formasi dan ketatnya persyaratan seleksi, calon taruna diharapkan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaftar ke STMKG. Pengetahuan tentang persyaratan dan keuntungan yang ditawarkan akan membantu calon taruna untuk membuat keputusan yang tepat dalam memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan tujuan dan minat mereka.

error: Content is protected !!