Modifikasi Yamaha NMAX Tips Dan Pertimbangan

detakkampar.co.id – Yamaha NMAX sering menjadi pilihan favorit bagi penggemar modifikasi motor. Di pasaran, terdapat banyak komponen dan aksesori yang bisa dipasang untuk memperindah dan meningkatkan performa skutik ini. Namun, para pemilik NMAX harus berhati-hati dalam memilih modifikasi, karena tidak semua perubahan dapat membuat motor lebih kencang dan efisien. Beberapa modifikasi justru dapat membuat motor menjadi lebih boros bahan bakar. Menurut Toga Fantiarso, pemilik bengkel spesialis skutik Gas Motor, modifikasi yang aman untuk skutik standar terutama terletak pada perubahan komponen CVT dan reamer Throttle Body (TB).

” Baca Juga: Kapolda Jateng Edukasi Hukum Warga Sukolilo “

Komponen CVT dan Reamer Throttle Body

Toga menjelaskan bahwa untuk modifikasi motor matik, cukup fokus pada dua komponen ini, yaitu reamer dan CVT. Kedua perubahan ini dianggap aman dan efektif untuk meningkatkan performa motor. “Jadi di motor matik mainkan dua saja, reamer dan CVT. Itu batasan yang aman. Kalau mau unlocked power di dua tempat itu,” ujar Toga. Tidak perlu mengganti busi, koil, atau komponen lain yang sebenarnya tidak diperlukan untuk aliran standar. Tuning ECU juga tidak diperlukan jika ECU-nya masih standar.

Prinsip dasar dari penggantian TB adalah untuk meningkatkan aliran udara dan bahan bakar. Dengan lebih banyak udara yang masuk, maka lebih banyak bahan bakar yang dibutuhkan, yang akan meningkatkan tenaga motor. Namun, setelah mengganti TB, bukaan gas akan lebih sedikit dari biasanya untuk mencapai akselerasi yang sama. Misalnya, jika sebelumnya membutuhkan bukaan setengah gas, setelah penggantian TB, cukup seperempat gas sudah cukup untuk membuat motor melaju kencang. Namun, jika pengendara tetap membuka gas seperti biasa, hal ini akan membuat motor menjadi lebih boros bahan bakar.

Baca Juga :   Gempa Taiwan Memakan 12 Korban Jiwa

Modifikasi Roller CVT

Untuk bagian CVT, Toga menyarankan agar pengendara yang ingin mengurangi bobot roller untuk meningkatkan akselerasi tidak memilih roller yang terlalu ringan. Roller yang terlalu ringan dapat menyebabkan motor menjadi lebih boros bahan bakar. “Kita mencari torsi maksimum. Di mana letaknya? Makanya motor di-setting dengan ganti roller. Tapi, torsi maksimum selalu berkaitan dengan peningkatan rpm,” kata Toga. Peningkatan rpm berarti piston bekerja lebih keras, dan lebih banyak bahan bakar yang terbakar dalam setiap siklus.

Penggunaan Mangkuk Kartel pada Kampas Ganda

Selain itu, bagi yang ingin mengganti mangkuk ganda agar kampas ganda semakin menggigit, disarankan untuk melakukan penyesuaian tertentu. Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah kartel, yaitu teknik membuat permukaan mangkuk kampas ganda menjadi kasar dengan cara dibubut. Menurut Yoga Ningrat, pemilik bengkel spesialis skutik Yoga Motoshop, kartel pada mangkuk kampas ganda dapat meningkatkan akselerasi, tetapi juga memiliki efek samping yaitu kampas ganda akan cepat habis. “Saya tidak menyarankan mangkuk kartel dikombinasikan dengan kampas ganda standar, karena akan cepat habis, seperti terparut, karena kampas ganda standar itu lembut,” ucap Yoga Ningrat.

” Baca Juga: Rekayasa Cuaca sebagai Upaya Atasi Polusi Udara di Jakarta “

Kesimpulan

Modifikasi Yamaha NMAX memang dapat meningkatkan performa dan estetika motor, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Fokus pada komponen seperti CVT dan reamer Throttle Body dapat memberikan peningkatan yang signifikan tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar. Penggunaan komponen lain seperti roller CVT dan mangkuk kampas ganda juga harus dipertimbangkan dengan seksama agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan. Dengan demikian, pemilik NMAX dapat menikmati motor yang lebih kencang dan tetap efisien.

Baca Juga :   Penggerebekan Pengedar Narkoba di Koja, Jakarta Utara
error: Content is protected !!