Peluncuran iPhone 16 Pro Max: Seri iPhone Terbesar?

detakkampar.co.id – Apple sedang mempersiapkan peluncuran seri iPhone 16 sebagai ponsel andalannya tahun ini, dan rumor mengenai spesifikasinya sudah ramai beredar di internet. Seri ini diperkirakan akan hadir dalam empat model, yakni iPhone 16 reguler, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Bocoran terbaru menunjukkan tampilan fisik dari iPhone 16 Pro Max, yang sering menjadi model unggulan dalam setiap peluncuran iPhone. Beberapa rumor menyebutkan bahwa iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar berukuran 6,9 inci, meningkat 0,2 inci dari pendahulunya. Unit dummy atau tiruan iPhone 16 Pro Max yang didapatkan oleh pembocor gadget bernama Daniel, tampaknya mengonfirmasi rumor ini.

” Baca Juga: Respons Cassie Ventura terhadap Kekerasan Sean Diddy “

Ukuran Layar dan Desain

Daniel membagikan gambar unit dummy iPhone 16 Pro Max yang layarnya mati, dan membandingkannya dengan iPhone 15 Pro Max yang menyala. Gambar tersebut kemudian dibagikan di media sosial oleh tipster lain, Majin Bu, dengan akun @MajinBuOfficial. Dari gambar yang dibagikan, terlihat bahwa layar iPhone 16 Pro Max memang lebih besar dari iPhone 15 Pro Max. Secara umum, desain layar iPhone 16 Pro Max masih mempertahankan gaya dari pendahulunya, tanpa poni dan dengan sudut layar melengkung. Namun, karena unit dummy tersebut dalam keadaan mati, detail mengenai desain punch hole dan bezel layar belum diketahui.

Desain Belakang dan Modul Kamera

Selain tampilan depan, tipster tersebut juga membagikan gambar bodi belakang iPhone 16 Pro Max yang dibandingkan dengan iPhone 15 Pro Max. Desainnya masih mirip, dengan modul kamera persegi yang menampung tiga kamera “boba”. Jika perangkat tiruan ini benar-benar merepresentasikan produk akhir Apple, maka iPhone 16 Pro Max akan menjadi iPhone terbesar sepanjang sejarah. Sebelumnya, ukuran layar terbesar iPhone adalah 6,7 inci. Seperti yang terdapat pada beberapa model iPhone Pro dan Plus, termasuk iPhone 15 Pro Max dan iPhone 14 Plus. Meskipun layar iPhone 16 Pro Max lebih besar, bodinya kabarnya hanya akan bertambah sedikit. Dengan panjang bertambah sekitar 3 mm dan lebar kurang dari 1 mm dibandingkan pendahulunya. Ini dimungkinkan berkat teknologi layar baru Apple yang membuat bezel semakin tipis, sehingga tidak meningkatkan ukuran bodi secara signifikan.

Baca Juga :   Mengatasi Hotspot iPhone yang Tidak Tersambung

Fitur Baru: Tombol Kamera

Perubahan menarik lainnya adalah kehadiran tombol kamera di bingkai kanan iPhone 16 Pro Max. Tombol ini dikabarkan berfungsi untuk mengambil foto, merekam video, mengaktifkan zoom, dan beberapa fungsi lainnya dengan sentuhan. Rumor mengenai tombol ini sudah beredar di internet, dan disebut sebagai Capture Button. Meski demikian, perlu diingat bahwa perangkat yang terlihat dalam gambar tersebut merupakan produk tiruan yang bisa saja berbeda dengan produk akhir yang akan dijual oleh Apple.

Chip Apple A18 untuk Semua Model

Bocoran lainnya menyebutkan bahwa semua model iPhone 16 akan ditenagai oleh chip yang sama, yakni Apple A18. Biasanya, Apple menggunakan chip generasi sebelumnya untuk model reguler dan Plus, sementara model Pro menggunakan chip terbaru. Informasi ini didapat dari calon sistem operasi terbaru Apple, iOS 18 dengan kode nama “Crystal”. Yang memuat informasi tentang keempat model iPhone 16. Dalam versi pengembangan awal iOS 18, keempat model iPhone 16 disebutkan dengan kode, yakni “D47” untuk iPhone 16, “D48” untuk iPhone 16 Plus, “D93” untuk iPhone 16 Pro, dan “D94” untuk iPhone Seri 16 Pro Max. Keempat model ini tercantum menggunakan chip yang sama, dengan kode nama “Tahiti-T8140”, yang disinyalir bakal memiliki julukan resmi “Apple A18”.

” Baca Juga: Sidang Lanjutan Kasus Pemerasan dan Gratifikasi Syahrul Yasin “

Perbedaan Chip di Model Pro

Jika benar, maka iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan Seri iPhone 16 Pro Max akan ditenagai oleh chip yang sama. Pada lini iPhone 15, chip terbaru A17 Pro digunakan pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Sementara iPhone 15 dan 15 Plus hanya menggunakan Apple A16 Bionic. Hal serupa terjadi pada jajaran iPhone 14, di mana chip Apple A16 Bionic hanya ditemukan di iPhone 14 Pro dan Pro Max. Sementara iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menggunakan Apple A15 Bionic yang tertinggal satu generasi. Meski semua model iPhone 16 mungkin menggunakan chip yang sama, masih ada kemungkinan bahwa chip tersebut memiliki versi berbeda. Misalnya, Apple A18 untuk iPhone 16 dan 16 Plus, serta Apple A18 Pro yang lebih kencang untuk iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max. Kedua model iPhone 16 Pro juga bisa saja dibekali dengan RAM yang lebih besar sehingga kinerjanya lebih mumpuni.

Baca Juga :   Pixel 8A: Perkenalan dengan Ponsel "Murah" dari Google
error: Content is protected !!