Pengajuan KPR dan Pengaruh Pinjaman Online

detakkampar.co.id – Saat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), bank akan mengevaluasi sejumlah faktor untuk menilai kelayakan nasabah. Salah satu aspek yang sering menjadi perhatian adalah riwayat kredit nasabah. Namun, banyak yang bertanya-tanya apakah memiliki riwayat pinjaman online (pinjol) akan mempersulit pengajuan KPR. Menurut laman Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pinjol adalah layanan finansial yang menggunakan perangkat lunak dan teknologi modern untuk menyediakan pinjaman.

” Baca Juga: Serangan Ransomware pada Pusat Data Nasional (PDN) “

Pendapat Ahli Properti

Steve Sudijanto, seorang Pengamat Properti dan Direktur Global Asset Management, menyatakan bahwa keberadaan pinjol tidak secara langsung mempengaruhi diterima atau tidaknya pengajuan KPR. Menurut Steve, faktor utama yang dinilai oleh bank adalah jumlah penghasilan dan riwayat kredit nasabah. Biasanya, penolakan KPR terjadi karena penghasilan nasabah tidak sesuai dengan jumlah pinjaman yang diajukan atau karena nasabah masih memiliki pinjaman lain yang harus dilunasi.

Saran bagi Nasabah dengan Pinjaman Online

Steve menyarankan nasabah yang memiliki riwayat pinjaman online untuk mengajukan KPR untuk rumah primary. Rumah primary adalah rumah yang masih akan dibangun, setengah jadi, berupa lahan kosong, atau baru selesai dibangun. Keuntungan memilih rumah primary adalah adanya jaminan penyelesaian dari pengembang jika terjadi kredit macet. Pengembang biasanya memiliki fasilitas khusus dengan bank untuk mempermudah pengajuan KPR.

Keuntungan Memilih Rumah Primary

Memilih rumah primary memberikan kemudahan dalam pengajuan KPR. Jika terjadi kredit macet, pengembang akan mencari orang lain untuk melanjutkan cicilan, dan kepemilikan rumah tersebut bisa dicabut oleh bank jika nasabah tidak mampu membayar cicilan. Dalam situasi ini, pengembang akan mengambil alih sertifikat atau status kepemilikan yang belum sepenuhnya beralih kepada nasabah.

Baca Juga :   Pengungkapan Kasus Love Scamming Oleh Napi Lapas Cipinang

” Baca Juga: Kebiasaan Para Miliarder yang Menginspirasi Kesuksesan “

Kesimpulan

Secara keseluruhan, memiliki riwayat pinjaman online tidak menjadi penghalang utama dalam mengajukan KPR. Faktor penting yang diperhatikan oleh bank adalah penghasilan dan riwayat kredit nasabah. Untuk mempermudah proses pengajuan, nasabah dengan riwayat pinjaman online disarankan memilih rumah primary yang mendapatkan dukungan dari pengembang dalam penyelesaian kredit jika terjadi kendala pembayaran. Dengan demikian, nasabah tetap memiliki peluang besar untuk mendapatkan KPR meskipun memiliki riwayat pinjaman online.

error: Content is protected !!