Peningkatan Kewaspadaan di Pangkalan Militer AS di Eropa

detakkampar.co.id – Pada Minggu, 30 Juni 2024, beberapa media Amerika Serikat melaporkan bahwa tingkat kewaspadaan di sejumlah pangkalan militer AS di Eropa telah dinaikkan ke tingkat tertinggi kedua. Menurut laporan dari ABC News dan CNN, pangkalan-pangkalan militer tersebut kini berada di tingkat kewaspadaan “Charlie”. Tingkat ini diterapkan ketika terjadi insiden atau data intelijen menunjukkan adanya aksi teroris atau kemungkinan ancaman terhadap personel atau fasilitas. Situs web Angkatan Darat AS menyatakan bahwa tingkat kewaspadaan ini ditetapkan berdasarkan informasi tersebut.

” Baca Juga: Insiden Keributan Di Bandara Internasional Hasanuddin Makassar “

Komentar dari Komando Eropa AS dan Pentagon

Komando Eropa AS (USEUCOM) tidak memberikan konfirmasi mengenai perubahan status ini ketika dihubungi oleh AFP. Namun mereka menegaskan tetap berada dalam keadaan waspada. Pentagon juga mengungkapkan bahwa karena kombinasi berbagai faktor yang dapat memengaruhi keselamatan dan keamanan anggota angkatan bersenjata AS serta keluarga mereka di Eropa. Komando Eropa AS meningkatkan upaya untuk menekankan kewaspadaan selama bulan-bulan musim panas.

Tindakan Pengamanan Tambahan

Selain itu, Pentagon menginformasikan bahwa AS telah mengerahkan sistem pertahanan THAAD dan Patriot di Timur Tengah untuk meningkatkan keamanan. Di sisi lain, Departemen Luar Negeri AS menyarankan warga negara Amerika di Jerman, lokasi kantor pusat USEUCOM, untuk tetap waspada terhadap potensi ancaman terorisme. Meskipun tidak ada ancaman spesifik yang disebutkan. Kewaspadaan di Eropa meningkat setelah insiden penembakan di konser di Moskwa pada bulan Maret, yang menewaskan hampir 150 orang dan diklaim oleh kelompok ISIS.

Langkah-langkah pengamanan tambahan ini diambil untuk memastikan perlindungan yang maksimal bagi warga negara Amerika di luar negeri dan untuk merespons situasi keamanan global yang terus berkembang. Pentagon dan Departemen Luar Negeri AS berkomitmen untuk bekerja sama dengan sekutu internasional untuk mengatasi ancaman terorisme dan menjaga stabilitas regional.

Baca Juga :   Rencana Rapat Terkait Peretasan PDN

” Baca Juga: 52 Personel Polres Naik Pangkat di Hari Bhayangkara ke-78 “

Kesiapan Negara-Negara Eropa

Negara-negara Eropa lainnya juga meningkatkan tingkat kewaspadaan mereka. Perancis, misalnya, meningkatkan status kewaspadaannya menjelang Olimpiade Paris. Sementara itu, Jerman saat ini menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Euro 2024. Dan telah meningkatkan pengamanan untuk memastikan keselamatan selama acara tersebut berlangsung. Langkah-langkah ini menunjukkan respons proaktif terhadap potensi ancaman dan upaya untuk melindungi warga serta fasilitas penting di Eropa.

error: Content is protected !!